1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

seharusnya kecurangan DIGEBUK aja … 060110 6 Januari 2010

Filed under: Investasi dan Risiko — bumi2009fans @ 8:33 am

Selasa, 05/01/2010 15:45 WIB

IPEI minta pialang junjung kode etik

oleh : Arief Novianto

SEMARANG (Bisnis.com): IPEI Komda Semarang mendesak seluruh pialang pasar modal agar mengedepankan kode etik dan peraturan yang berlaku, menyusul terjadinya tindak kecurangan yang berpotensi melemahkan minat investasi di bidang ini.

Tindak kecurangan itu a.l. terjadi dalam kasus penggelapan saham yang merugikan sekitar 10 nasabah PT Investindo Nusantara Securities (INS) Cabang Semarang oleh oknum pialang sekaligus kepala cabang perusahaan itu, dengan nilai sekitar Rp12 miliar.

Kasus serupa yang menyebabkan terjadinya kerugian nasabah pasar modal selama 2009 juga tercatat pada PT Sarijaya Securities, PT Optima Securities dan PT Antaboga Securities.

“Kami mendesak seluruh pialang pasar modal untuk dapat mengedepankan kode etik dan ketentuan yang berlaku. Jangan hanya karena kepentingan pribadi mengotori kinerja bisnis ini yang dapat berdampak pada melemahnya minat investasi masyarakat,” kata Ketua Ikatan Pialang Efek Indonesia (IPEI) Komda Semarang Hari Prabowo kepada Bisnis.com, hari ini.

Dia mengatakan kasus PT INS yang terjadi sekitar Oktober 2009 lalu itu hingga kini masih dalam proses pengadilan. Namun, tambahnya, pemberitaan sejumlah media di kota ini yang cenderung tidak berdasarkan klarifikasi pihak-pihak terkait terhadap ekspose kasus itu berpotensi menimbulkan pencitraan negatif terhadap aktivitas pasar modal bagi masyarakat.

Menurut dia, pada kasus itu jelas terjadi penyalahgunaan wewenang oleh oknum pialang PT INS yang dilatarbelakangi oleh kepentingan pribadinya, sehingga menyebabkan sejumlah nasabah kehilangan sahamnya.

Selain itu, oknum pialang PT INS itu juga bertanggung jawab terhadap terjadinya pemindahan saham dari rekening nasabah satu ke nasabah lainnya, karena dilakukan tanpa pemberitahuan dan diiringi pemalsuan keterangan.(er)

bisnis.com

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s