1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

analis pro MELONGOK di balik kelambu … 110110 11 Januari 2010

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 6:53 am

Senin, 11/01/2010 00:00 WIB

Pemodal cermati kinerja emiten

oleh :

JAKARTA: Tren kenaikan bursa awal tahun diperkirakan berlanjut seiring dengan ekspektasi kinerja positif emiten nasional sepanjang tahun lalu, yang tecermin dalam laporan keuangan per Desember 2009.

Sikap pemodal mengantisipasi kinerja fundamental emiten berpotensi menjadi pendorong kenaikan (rally) lanjutan indeks harga saham gabungan (IHSG) menuju titik psikologis 2.600.

Analis PT BNI Securities Akhmad Nurcahyadi mengatakan secara umum pertumbuhan ekonomi yang masih terjaga menjadi landasan penguatan indeks adlam jangka menengah, selama negara maju belum menaikkan suku bunga moneternya yang menjadi acuan investasi.

“Investor percaya Januari menjadi momentum beli terutama jika kinerja emiten per 2009 terbukti positif. Sebaliknya jika laporan keuangan di bawah ekspektasi dan ekonomi negara maju pulih lebih cepat dari perkiraan, koreksi bisa terjadi,” tuturnya kepada Bisnis kemarin.

Pemulihan ekonomi global yang berbarengan dengan mulai naiknya suku bunga negara maju, lanjutnya, bisa menimbulkan peralihan dana asing yang selama ini menyerbu bursa Indonesia dan negara berkembang lainnya.

Pemodal global dipastikan memilih pasar modal negara maju karena memiliki likuiditas yang lebih tinggi dari bursa negara berkembang. “Hanya saja, data pemulihan ekonomi global itu sampai sekarang masih diragukan apakah benarbenar sudah stabil,” ujar Akhmad.

Akhmad memperkirakan fluktuasi bursa akan mulai mewarnai perdagangan sepanjang pekan ini, menyusul tarikmenarik antara investor yang masuk untuk menjaring gain selanjutnya, dan investor yang telah mengambil posisi beli sejak pergantian tahun.

“Jika level psikologis 2.600 lewat pekan ini, IHSG berpotensi menguji level psikologis selanjutnya pada 2700. Rentang pergerakan secara teknis antara 2.550 dan 2.650.”

Meski demikian, Akhmad menyarankan pemodal memperhatikan intensitas di ranah politik terkait dengan polemik PT Bank Century Tbk dan evaluasi 100 hari kinerja presiden SBY dan kabinetnya.

Sentimen positif bursa global mendorong indeks Dow Jones meningkat 0,11% (11,33 poin) ke level 10.618,19 pada akhir pekan lalu. Mayoritas bursa regional juga menguat seperti indeks Hang Seng yang naik 0,12%, Nikkei225 melonjak 1,09%, dan KOSPI tumbuh 0,7%.

Selain itu, harga surat utang negara (SUN) di pasar sekunder diprediksi menguat pekan ini dan menekan imbal hasilnya (yield) sebesar 15 basis poin (bps) hingga 30 bps. Hal itu diprediksi akan terjadi akibat masih adanya efek positif January effect yang sudah terjadi mulai pekan lalu.

January effect merupakan pembelian kembali yang marak terjadi pada awal tahun karena sudah menjual instrumen investasinya pada akhir tahun.

Head of Pricing PT Penilai Harga Efek Indonesia (PHEI) Ronny Wicaksono mengatakan peningkatan harga SUN akan terjadi pascapelelangan yang akan dilakukan pemerintah besok (Selasa). Pemerintah akan melelang SUN senilai Rp5 triliun.

“Perdagangan ramai sekali pada pekan ini [lalu], mencapai Rp6 triliunRp7 triliun, kalau pekan depan [ini] masih positif pascalelang tetapi tidak akan seramai pekan lalu,” ujarnya.

Oleh Arif Gunawan S.

Bisnis Indonesia

bisnis.com

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s