1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

koreksi itu SEHAT, wajar dan NIKMAT … 110110 11 Januari 2010

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 6:17 am

11/01/2010 – 06:07
Awas! IHSG Cenderung ‘Overbought’
Wahid Ma’ruf

INILAH.COM, Jakarta – Pasar saham diawal pekan ini akan menguji level 2.630-2.640. Sementara untuk level support berada di 2.580-2.600 dengan kecenderungan IHSG ^JKSE mulaioverbought.
Hal itu dikatakan analis saham Panin Securities Purwoko Sartono di Jakarta kemarin. “Saat ini indeks berada dalam trend bullish baik untuk jangka pendek ataupun menengah. Meski demikian perlu diperhatikan beberapa saham unggulan yang saat ini menjadi motor pendorong indeks sudah mulai overbought,” katanya.

IHSG sepanjang pekan lalu mengalami kenaikan +3,16% dari pembukaan 2.534,36 hingga penutupan 2.614,37. Naiknya indeks didorong oleh kenaikan saham-saham perkebunan dan pertambangan, seiring dengan ekspektasi naiknya demand akan komoditas di tahun ini. Pulihnya perekonomian dunia dari resesi global membawa optimisme kegiatan manufaktur akan meningkat sehingga permintaan akan metal dan energi juga naik. [hid]
11/01/2010 – 05:54
Rekomendasi Saham Pekan Ini
Sabar, Akan Ada Koreksi Dulu
Jagad Ananda

INILAH.COM, Jakarta – Indeks Dow Jones, yang akhir pekan lalu ditutup menguat, membuat optimisme di pasar domestik semakin menebal. Mereka yakin, indeks saham lokal masih mengalami bullish.

Maklum, biasanya, jika di akhir pekan bursa Wall Street membiru, di awal pekan Bursa Efek Indonesia akan mengkuti jejaknya. Hanya saja, kali ini ada sesuatu yang bakal mengganjal penguatan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), yakni aksi profit taking.

Aksi ambil untung ini sangat mungkin terjadi karena gain yang bisa dipetik investor sudah cukup tebal. Pembeli saham PT Bumi Resources (BUMI) di akhir tahun misalnya, kini bisa melepasnya dengan mengantungi capital gain 20%.

Sementara untuk saham PT Bakrieland Development (ELTY) keuntungan yang diraih mencapai 21% dan dari PT Adaro Energy (ADRO) mencapai kisaran 13%.
Itu hanya sebagian kecil contoh dari saham-saham yang sudah menguat. Makanya kemungkinan bursa terkoreksi di awal pekan, cukup terbuka. “Tapi setelah itu indeks akan kembali menanjak,” kata seorang analis dari perusahaan sekuritas asing.

Berdasarkan perkiraan itulah, ia memprediksikan indeks di minggu ke dua 2010 ini akan bergerak di kisaran 2.550-2.650. Ke depannya, memang akan berfluktuasi, namun sang analis percaya di akhir bulan, IHSG akan melampaui level psikologis anyarnya, 2.700.

Ada sejumlah faktor yang akan menjadi penentu indeks ke depan. Salah satunya kondisi bursa di AS. Selama pemulihan ekonomi di negeri Paman Sam ini belum berlangsung mulus, pasar sahamnya pun akan terus bergoyang. Ini otomatis akan berdampak langsung para Bursa Efek Indonesia (BEI).

Selain itu, harga minyak dunia juga merupakan faktor lainnya yang berpengaruh besar. Pandangan tentang penguatan harga si emas hitam ini, memang, terbelah. Ada yang bilang ini merupakan gejala sementara karena kenaikan terjadi bukan lantaran meningkatnya permintaan, tapi lebih disebabkan oleh permainan para spekulan.

Artinya, tanpa terduga, harga minyak bisa turun secara signifikan, kapan saja. Sementara bagi yang memandang kenaikan ini sebagai pemulihan ekonomi begitu yakin, tak lama lagi harga minyak akan menembus US$ 90 per barel.

Mana yang benar? Kita lihat saja nanti. Yang pasti, kenaikan harga minyak inilah yang akan menopang indeks untuk tetap berada di jalur hijau. Ini secara otomatis akan mengerek harga saham pertambangan, perkebunan alat berat dan otomotif. “Belilah setelah haganya terkoreksi,” kata seorang kepala riset. [mdr]

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s