1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

analis pro TERCEKAM isu politis (lage) … 140110 14 Januari 2010

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 6:52 am

Kamis, 14/01/2010 14:16 WIB
Skandal Century Tak Pengaruhi Investasi Jangka Pendek Investor Asing
Whery Enggo Prayogi – detikFinance

Jakarta – Skandal penyelamatan PT Bank Century (sekarang Bank Mutiara) dinilai tidak berpengaruh pada investasi jangka pendek investor-investor asing. Pengaruh skandal Century baru muncul kalau masalah tak kunjung selesai.

Menurut Direktur Pemasaran PT FSI Indonesia Putut E. Andanwarih, investor asing tidak ambil pusing atas bergulirnya kasus Century. “Mereka akan tetap berinvestasi. Ngapain pusing,” ujarnya di hotel four seasons Jalan HR Rasuna Said Jakarta Kamis (14/1/2010).

Hal yang bertolak belakang terjadi pada investor domestik. Mereka panik dan cenderung menunggu dalam berinvestasi. Saran yang diajukan Putut, agar masyarakat bisa menekan pihak berwenang untuk memberi kejelasan pada kasus Century.

“Kita harusnya punya power, untuk minta kejelasan. Kalau tidak akan berpengaruh juga ke asing,” imbuhnya.

Ia menambahkan, pertumbuhan ekonomi yang masih menjanjikan di tahun 2010, justru menjadi pemicu investasi yang lebih besar di pasar modal.

“Momentum ini jangan dihalangi oleh kerikil-kerikil (Century) macam ini. Jadi investasi semakin menarik. Rumah harus dijaga, agar banyak tamu yang datang. Nah, yang jaga kita semua agar investor asing bisa masuk,” imbuhnya.

(wep/dro)

Century Bakal Tekan Indeks Merosot ke 2.200
Selasa, 12 Januari 2010 – 12:53 wib

Widi Agustian – Okezone

JAKARTA – Setelah mengalami kenaikan yang cukup signifikan, indeks harga saham gabungan (IHSG) diproyeksikan bakal mengalami koreksi yang cukup dalam pada kuartal I-2010 ini, bahkan hingga menyentuh 2.200.

Menurut pengamat pasar modal Pribadi Agung Sujagad, ada dua alasan yang menyebabkan jatuhnya indeks. Pertama, kasus Bank Century yang saat ini tengah dibahas panitia khusus (pansus) hak angket Century di DPR.

“Kemungkinan kuartal satu akan terjadi koreksi yang besar, menuju ke 2.200, turun sekira 10-14 persen dari posisi sekarang,” katanya dalam acara Asia Financial Network (AFN)-Indonesian Capital Market Outlook 2010, di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Selasa (12/1/2010).

Dijelaskannya, pasar akan menjadi sangat sensitif dengan akhir dari kasus Bank Century di Pansus. Terutama menyangkut dua hal. “Pertama apakah pengambilan keputusan secara profesional bisa dilakukan, dan kedua adakah indikasi pidana, yakni korupsi,” tegasnya.

Selain itu, yang terpenting adalah apakah secara profesional keputusan akhir dari kasus Bank Century tersebut bisa diterima, dan akhirnya yang bersalah dihukum. “Apapun rekomendasi pansus akan ada koreksi di pasar modal,” ujarnya.

Alasan kedua adalah teknikal. Menurutnya kenaikan indeks sekarang ini tidak normal. Selain itu, secara teknikal indeks pasti akan terkoreksi. “Itu berdasarkan analisa teknikal,” tukasnya.

Naiknya indeks secara drastis karena faktor psikologis pasar. Di mana pemain besar masuk ke pasar, diikuti oleh pemain lainnya. Ketika keadaan ekonomi di luar negeri membaik, maka akan membuat investor besar tersebut akan keluar, dan diikuti oleh yang lainnya.
(ade)

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s