1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

perencana mo konsolidasi … 140110 14 Januari 2010

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 6:37 am

Perencana Keuangan Bentuk Lembaga Independen
Rabu, 13 Januari 2010 – 17:35 wib

JAKARTA – Beberapa perencana keuangan sepakat membentuk lembaga perencanaan keuangan independen. Langkah tersebut diambil karena banyak perencana keuangan nonindependen yang meresahkan masyarakat.

“Kami sepakat membentuk lembaga perencana keuangan independen karena banyak perencana keuangan kini yang justru menawarkan produk investasi titipan kantornya atau ujung-ujungnya jualan produk investasi,” ungkap Ketua Independent Financial Planner Club (IFPC) Aidil Akbar Madjid, selepas acara Indonesia Market Outlook 2010, di Gedung Graha Iskandarsyah Blok M, Jakarta, Rabu (13/1/2010).

Hingga saat ini, lembaga independen tersebut hanya beranggotakan delapan perencana keuangan independen. Dengan wadah tersebut, Aidil mengharapkan agar perencana keuangan lainnya mau bergabung dengan lembaga ini, setelah ada pengaduan dari masyarakat tentang perencana keuangan yang justru menjual produk investasi dari beberapa perusahaan.

Langkah ini juga menjadi proteksi bagi masyarakat agar masyarakat tidak semakin kebingungan menggunakan jasa perencana keuangan independen.

“Kami melihat ada potensi 1.328 perencana keuangan non independen di Jakarta. Agar tidak membingungkan masyarakat, kami akan mengajak mereka untuk masuk menjadi perencana keuangan independen,” tambah Aidil.

External Affair IFPC Safir Senduk mengatakan dalam wadah tersebut perencana keuangan dapat berbagi ilmu dan pengalaman lain di bidang jasa keuangan. Selain itu, perencana keuangan ini diharapkan bisa bersifat netral atas jasa keuangan kepada kliennya. Hal itu dimaksudkan untuk mencegah perencana keuangan yang sekaligus melakukan penjualan produk investasi dari beragam perusahaan.

Safir mencontohkan di Indonesia kini ada sekitar 60 institusi keuangan. Itu belum termasuk jumlah agennya. Jika tiap institusi ini menjual lima produk investasi (baik obligasi, asuransi, tabungan dan lain-lain), maka akan ada 300 produk investasi yang akan ditawarkan ke masyarakat.

“Agar lebih independen, maka lembaga ini dibentuk. Sehingga perencana keuangan bisa netral menawarkan produk investasi sekaligus merancang keuangan pribadinya,” tegas Safir.

Selain itu, perencana keuangan ini juga bakal menggaet pasar menengah bawah (layanan personal) untuk menawarkan jasa perencanaan keuangannya. Hal tersebut dilakukan karena setiap orang berhak mengatur keuangannya agar sehat dan peluang menjadi kaya.

“Jasa perencana keuangan diperlukan oleh setiap orang yang memiliki penghasilan dan ingin menjadi kaya atas kekayaannya. Di sini kami akan menjembatani seseorang untuk mengatur keuangannya,” tambah Sekretaris IFPC Ligwina Hananto.

Karena pada dasarnya, setiap orang pasti menginginkan kekayaan. Namun, lanjut Wina, seseorang belum mampu mengatur keuangannya secara maksimal karena tidak memiliki ilmunya.

“Padahal untuk menjadi kaya, bukan seberapa besar gaji atau penghasilan yang didapatkan per bulan. Tapi dari seberapa besar kita dapat menyisihkannya untuk investasi,” tambah Wina.
(Didik Purwanto/Koran SI/ade)

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s