1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

detik2 PERUBAHAN ARAH di candlestick … 150110 15 Januari 2010

Filed under: Teknik Maen Saham — bumi2009fans @ 1:10 am

Indra Yudistira
Associate Analyst Vibiz Research Center
Pola Pembalikan Arah Pada Candlestick.
Kamis, 14 Januari 2010 13.57 WIB
(Vibiznews – FX) – Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh seorang trader/investor dalam meningkatkan kemampuan menganalisa pergerakan pasar adalah dengan memperdalam lebih lanjut teknik analisa pengenalan pola candlestick.

Pendalaman pada teknik ini dapat memberikan arahan yang berharga dalam mengamati pergerakan pasar baik itu pasar forex, index, komoditi maupun saham.

Dimana dengan pemahaman yang cukup pada pengenalan pola candlestick tingkat dasar (basic) seorang trader/analis sudah memiliki kompetesi yang cukup baik dalam menganalisa pasar, maka pendalaman lebih lanjut dari teknik ini dapat memberikan kemampuan analisa dan menciptakan profit yang lebih baik lagi.

Hal yang dapat dieliminir dengan pendalaman teknik ini adalah kesalahan trader/analis dalam menangkap sinyal pola candlestick karena pola yang terlalu umum,dimana hal ini terjadi karena cukup sulit bagi trader/analis untuk membedakan mana candlestick yang berpola dan mana yang bukan.

Berikut adalah beberapa pola candle stick dalam tingkatan pembahasan yang lebih lanjut.

Pola Hook Reversal

Pola Hook Reversal merupakan pola jangka pendek sampai jangka menengah dimana munculnya pola ini menunjukkan adanya potensi pembalikan arah pergerakan. Ciri utamanya adalah terjadinya higher low dan lower high pada candle stick dibandingkan dengan candle sebelumnya.

Pola ini seperti yang tampak pada gambar di atas yang merupakan chart dari perdagangan indeks Hang Seng dengan time frame H1.

Indikasi terjadinya potensi balik menguatnya harga adalah ketika candlestick naik terjadi setelah candlestick turun, dimana candlestick naik tersebut memiliki lowest price yang lebih tinggi dari lowest price bar pada sebelumnya dan memiliki highest price yang lebih rendah dari bar sebelumnya.

Hal serupa terjadi pada pola beraish reversal. Setelah terjadi kenaikan pada nilai indeks Hang Seng, terjadinya bar turun dengan lowest price lebih tinggi dari bar sebelumnya dan highest price lebih rendah dari bar sebelumnya , mensinyalkan potensi terjadinya pergerakan melemahnya harga selanjutnya.

Pola San-Ku (Tiga Celah/ Tiga Gap).

Pola candlestick San-Ku (Tiga celah) juga merupakan salah satu sinyalemen yang dapat digunakan untuk memperkirakan potensi terjadinya pembalikan arah atau trend.

Seperti terlihat pada gambar diatas pada perdagangan komoditi kedelai (soy bean, SB_1) dengan time frame satu hari (daily,D1), terjadi pola pembalikan harga bullish yang ditandai dengan terjadinya celah (gap) antara candlestick turun satu dengan candlectick turun berikutnya sebanyak tiga kali.Harga komoditi menunjukkan terjadinya pergerakan bullish setelah terjadinya gap sebanyak tiga kali.

Hal serupa terjadi pada pergerakan Indeks saham-saham Inggris FTSE pada time frame D1.

Pergerakan bearish terjadi setelah pada pergerakan bullish sebelumnya terdapat gap sebanyak tiga kali.

Kicker Patterns

Pola Kicker (Kicker patterns) merupakan salah satu pola yang paling kuat dan paling dapat diandalkan. Pola ini memiliki ciri khas berupa terjadinya pembalikan arah yang sangat tajam pada dua bar candlestick. Contohnya dapat dilihat pada gambar diatas.

Setelah terjadi pembalikan arah dengan dua batang candlestick yang sangat tajam, maka terdapat potensi yang kuat bahwa terjadi pembalikan arah yang signifikan.

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s