1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

sinyal global, ihsg tak berjarak … 160110 16 Januari 2010

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 7:38 am

16/01/2010 – 07:00
Indeks Sepekan
Wall Street Sentuh IHSG ‘Mixed’
Susan Silaban

INILAH.COM, Jakarta – Pergerakan IHSG dalam satu pekan ini cenderung mixed. Hal ini ditandai adanya rally di pasar saham dunia yang masih kerasa pada minggu kedua pada 2010.

Demikian riset analis pasar moda seperti dikutip INILAH.COM, Jumat.

Data-data ekonomi terkini masih relatif baik, seperti data tenaga kerja yang menunjukkan perbaikan, initial jobless claims turun 22 ribu, data penjualan retail naik 2,8%, tingginya angka pertumbuhan sektor manufaktur China (PMI) yang mencapai level 56.6, (tertinggi dalam 20 bulan terakhir), serta export S. Korea Desember +33.7% YoY (tertinggi dalam 17 bulan terakhir).

Namun pada periode transisi kuartal 1 dan kuartal 2 di tahun 2010 ini, ada probabilitas besar akan naiknya FFR dengan tujuan untuk menekan kemungkinan bubble economic serta terlalu terdepresiasinya dolar AS, karena investor mengalihkan investasinya dari aset likuid menjadi aset portofolio ke saham, obligasi, dan komoditas alias move out of cash and buy risky asset.

Namun, ia melihat interest rates close to zero policy tidak akan bisa lebih lama lagi . Setidaknya paling lama hanya akan bertahan hingga kuartal 2 di tahun 2010), kalau kebijakan ini (low interest) tetap dipertahankan maka akan membawa market kembali bubbles. “Hal ini justru berbahaya,” katanya.

Saat ini, tren IHSG masih kuat dalam uptrend channel, masih ada room untuk penguatan lebih lanjut, belum ada sinyal pelemahan, walaupun sudah mendekati zona overbought setelah kurang lebih US$200 juta masuk kurang dari seminggu awal perdagangan di tahun 2010.

Penurunan harga minyak yang kini menuju US$80 per barel dan kenaikan suku bunga di China yang lebih cepat dari perkiraan menjadi sentimen negatif penurunan IHSG. Namun, masih ada sentimen positif datang dari emiten perbankan diperkirakan akan terlebih dahulu mempublikasikan laporan keuangannya, dan diperkirakan emiten-emiten perbankan akan mengalami pertumbuhan labanya.

“Kalaupun ada pelemahan minggu ini hanyalah bentuk technical correction terhadap uptrend sebagai aksi parsial profit taking semata, bukan pembalikan tren,” prediksinya. [san/cms]

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s