1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

asien-K biasanya pake CARA BODOH … 190110 19 Januari 2010

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 10:58 am

Selasa, 19 Januari 2010 | 10:48

BURSA

Dana Asing Masih Akan Masuk Bursa

Dana asing yang parkir di SUN dan SBI terus meningkat.***

JAKARTA. Aliran dana asing akan akan mengalir masuk ke pasar modal Indonesia tahun 2010. Ekonom Standard Chartered Bank Eric Alexander Sugandi mengatakan, kondisi itu disebabkan oleh tingkat imbal hasil atau rate of return Indonesia yang tinggi. Selain itu, prospek ekonomi makin membaik. “Prospek ekonomi yang baik mengakibatkan laba emiten akan naik,” katanya di Jakarta, kemarin (18/1).

Menurut dia, untuk tahap awal, investor asing akan menyasar instrumen investasi obligasi pemerintah atau Surat Utang Negara (SUN) dan Sertifikat Bank Indonesia (SBI). Nah, jika kondisi terus membaik, mereka akan masuk ke pasar saham. “Dana asing masih akan masuk, dengan harapan Indonesia masuk investment grade (peringkat layak investasi) paling cepat tahun depan,” ujar Eric. Namun, masuknya dana asing di pasar Indonesia pada tahun ini tidak akan sederas tahun lalu. “Karena imbal hasil yang ditawarkan lebih rendah dibandingkan tahun lalu,” imbuh Eric.

Sepanjang 2009, dana asing yang parkir di berbagai Surat Berharga Negara (SBN) meningkat 23,27% dari Rp 87,61 triliun di akhir 2008 menjadi Rp 108 triliun di akhir 2010. Nah, menurut data Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang Departemen Keuangan, per 15 Januari 2010, dana asing yang parkir di obligasi negara mencapai Rp 113,32 triliun. Jadi, dalam dua pekan, dana asing di SUN naik 4,93%.

Investor jangka panjang

Analis Bank Danamon Helmi Arman memprediksi, kepemilikan asing pada obligasi negara bakal bertambah
Rp 10 triliun-Rp 20 triliun pada tahu ini. Dia melihat, investor lokal tak akan mampu menyerap seluruh obligasi yang diterbitkan pemerintah pada tahun ini, yang nilainya mencapai Rp 104 triliun. “Sekitar separuhnya akan diserap investor asing,” katanya.

Di pasar saham, kepemilikan asing juga terus bertambah. Data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) menunjukkan, kepemilikan investor asing di pasar saham Indonesia pada awal 2009 mencapai 64,56% dari total kapitalisasi pasar aset-aset saham yang tercatat di KSEI. Sementara, di akhir 2009, komposisi kepemilikan investor asing di saham mencapai 67,1% dari total kapitalisasi pasar.

Sebagai catatan, nilai kapitalisasi pasar yang tercatat di KSEI hanya 56,93% dari total nilai kapitalisasi pasar Bursa Efek Indonesia. Di akhir 2009, nilai kapitalisasi pasar yang tercatat di KSEI hanya Rp 1.151,36 triliun. Sementara, nilai kapitalisasi pasar di BEI Rp 2.019,38 triliun.

Sejak pembukaan perdagangan bursa saham pada 4 Januari lalu hingga kemarin, investor asing telah membukukan nilai pembelian bersih (net buy) saham senilai US$ 299,29 juta atau setara Rp 2,76 triliun (dengan kurs Rp 9.230 per dollar AS).
Kepala Riset Obligasi Danareksa Sekuritas Budi Susanto mengatakan, asing itu terdiri dari investor jangka panjang dan jangka pendek. “Jika kita lihat, ketika pasar Indonesia jatuh pada tahun 2008 lalu, masih ada sekitar 75% dana asing yang bertahan,” katanya. Itu menandakan, meski pasar modal memburuk, tak berarti investor asing akan menarik dananya begitu saja dari Indonesia.

Wahyu Tri Rahmawati KONTAN

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s