1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

bekerja bener dulu, baru yang ga bener dah … 210110 21 Januari 2010

Filed under: Investasi dan Risiko — bumi2009fans @ 6:58 am

Beraksi Lewat SMS
3000 Nasabah Ditipu, Rp 3 Miliar Dikuras
Rabu, 20 Januari 2010 – 20:33 WIB
| More
TANJUNG PRIOK (Pos Kota) – Sindikat penipu via SMS dengan modus mengiming-imingi korban mendapat hadiah, digulung aparat Polres Jakarta Utara, Selasa (19/1) malam. Dalam tiga tahun beraksi, komplotan ini meraup uang tunai miliaran rupiah dengan membobol rekening nasabah bank.
“Dari hasil kejahatan mereka, total jumlah uang yang berhasil dikuras mencapai Rp3 miliar. Sebanyak 3.000 nasabah bank yang tersebar di berbagai kota menjadi korban sindikat ini,” ungkap Kasat Reskrim Polres Jakut Kompol Adex Yudiswan, Rabu (20/1).
Komplotan ini diotaki oleh Doni Saputra,21, pemuda yang pernah bekerja sebagai pesuruh di sebuah bank. Dari pengalaman yang ditimbanya bekerja di bank, ia membentuk komplotan penipu dan memiliki anak buah, masing-masing Arya Kamandanu alias Kanang, 20, Yandri, 27, Telet bin Mayam, 29, dan Amir bin Ling, 25. Dalam menjerat korbannya, masing-masing berbagi tugas.
Pengungkapan kasus itu berawal dari laporan Anri Julianto, 29, yang tabungannya sebesar Rp. 1,9 juta ludes dikuras kawanan itu. Warga Jl. Ancol Selatan, RT 02/06, Sunter Agung, Tanjung Priok ini awalnya mendapat SMS yang isinya menyatakan ia mendapat hadiah mobil.
Korban yang tak sadar sudah masuk dalam perangkap penipu, menghubungi nomor HP pengirim SMS yang menyebutkan dari salah satu operator telepon. Satu pelaku yang menerima telepon, memandu korban agar mendatangi ATM untuk proses transfer hadiah.
Berdalih memudahkan proses pengiriman uang hadiah, pelaku kemudian meminta agar
korban melakukan pendaftaran (registrasi) sistem transaksi menggunakan HP (phone banking).
“Pelaku selanjutnya kembali menuntun korban untuk melakukan registrasi. Setelah meminta nomer rekening tabungan dan nomor PIN korban, pelaku berjanji akan segera mentransfer uang hadiahnya,” lanjut Adex.
Berbekal PIN dan nomer rekening tersebut, dengan mudah pelaku bisa mengetahui jumlah saldo yang dimiliki korban melalui HP. Tabungan korban yang berjumlah Rp. 1,9 juta dengan mudah dikuras kawanan ini dengan cara memindah bukukan tabungan korban ke rekening milik salah satu pelaku.
Hal itu baru diketahui Anri setelah dirinya berniat mengambil uang. Pemuda yang sehari-harinya bekerja sebagai petugas kemanan itu kaget setelah melihat tabungannya ludes. Dari keterangan pihak Bank Mega, tempat korban menabung , diperoleh penjelasan kalau uang tabungan telah dipindahbukukan ke rekening No. 010680020180xxx atas nama Lendra.
DISERGAP DI BEKASI
Petugas Polres Jakarta Utara yang mendapat laporan langsung melakukan pelacakan. Hasilnya diperoleh informasi bahwa kawanan ini bermukim di Perumahan Taman Pondok Gede, Blok D1, No. 3, Bekasi. Lima pelaku berhasil ditangkap di rumah tersebut.
Doni, pimpinan komplotan, mengaku lebih dari 3 tahun beraksi dan sudah menipu sekitar 3.000 nasabah. ‘Saya belajar otodidak, dan sedikit belajar dari tempat bank saya dulu bekerja,” kata lelaki asal Palembang ini.
Doni yang bertugas membimbing para korban, bekerja dibantu oleh keempat temannya. “Ada yang bertugas menghubungi korban, mengirim SMS dan mengambil uang,” lanjut Doni. Mereka mencari nomor telepon calon korban yang ditipu secara acak.
Komplotan ini juga memiliki banyak rekening bank, yang berfungsi untuk menampung uang jarahan. Kawanan ini juga membekali diri dengan sejumlah KTP palsu. “Uang hasil kejahatan kita bagi-bagi. Selain buat foya-foya juga buat beli rumah di kampung di Palembang,” kata Doni.
Dari hasil pengungkapan kasus tersebut, sejumlah barang bukti disita petugas, di antaranya puluhan buku tabungan dari berbagai bank, puluhan kartu ATM, belasan HP dan SIM Card serta uang sebesar Rp24,5 juta. “Kami masih mengembangkan kasus ini,” kata Adex. (yahya/b)

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s