1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

cek dan ricek dah, kerja beneran seh : 040210 4 Februari 2010

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 7:52 pm

Kamis, 04/02/2010 18:23 WIB
62 AB Akan Diaudit BEI Mulai 8 Februari
Whery Enggo Prayogi – detikFinance

Jakarta – Bursa Bursa Efek Indonesia (BEI) siap mengaudit 62 Anggota Bursa (AB) yang masuk dalam daftar transaksi marjin mulai 8 Februari hingga akhir April 2010.

Demikian disampaikan Direktur Perdagangan dan Peraturan Anggota Bursa Bursa Efek Indonesia (BEI) Wan Wei Yiong kepada detikFinance melalui sambungan telepon di Jakarta, Kamis (4/2/2010).

Dalam peraturan V.D.6 dinyatakan AB yang masuk daftar transksi marjin wajib diaudit oleh BEI dalam periode satu tahun. Audit mulai dijalankan pada 8 Februari hingga Akhir April 2010. Laporan hasil audit diharapkan dapat tuntas dan tersusun rapi pada Juni 2010.

Tim auditor yang menjalankan tugas, berada di bawah pengawasan divisi pengawasan transaksi dan kepatuhan. “AB yang hadir menyatakan kesiapannya,” papar Yiong.

Ditambahkannya, Danatama Makmur dan Brent Securities tidak dimasukkan dalam daftar transaksi marjin. Secara otomatis mereka juga tidak masuk dalam wajib audit. Keduanya menyatakan belum siap ikut dalam perdagangan transaksi marjin.

“Mereka belum aktif dan siap. Namun mereka akan aktif kembali, namun keduanya sedang melakukan persiapan ke arah itu,” tuturnya.

Dalam pertemuan antara BEI bersama 62 AB Kamis pagi, ditemukan ada beberapa AB yang menanyakan peraturan transaksi marjin yang baru saja diberlakukan 1 Januari 2010, karena dianggap tidak jelas.

“Ada beberapa yang belum jelas Ada di butir dalam peraturan. Untuk itu, pertemuan ini bertujuan untukk menyatukan transaksi,” jelasnya.

Yiong mengatakan, pelaporan transaksi marjin yang diusulkan 62 Anggota Bursa (AB) dalam 3 bulan sekali, tidak langsung disetujui otoritas bursa, karena membutuhkan pembahasan lebih lanjut.

Apalagi ini menyangkut revisi pada peraturan pasar modal V.D.6 yang menjadi payung hukum transaksi marjin. “Usulan ini kan harus melalui proses di dalamnya. Apalagi menyangkut peraturan. Mereka juga usul tiga bulan, dan juga yang enam bulan,” kata Yiong.

BEI menyatakan siap menampung segala usulan dari AB yang masuk dalam transaksi marjin. Namun keputusan diterima atau tidaknya usulan, masih harus dibahas bersama dengan Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK).

“Kita lihat dulu. Jika menyangkut peraturan ke Bursa, kalau sistem dan peraturan lingkupnya Nurhaida (Kepala Biro Transaksi Lembaga Efek Bapepam-LK),” ungkapnya.

(wep/dnl)

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s