1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

kinerja ihsg maseh sesuai ekspektasi rata2 Januari … 040210 4 Februari 2010

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 3:33 pm

04/02/2010 – 14:06
Januari, Pasar Saham Naik 3%

(inilah.com/Wirasatria)
INILAH.COM, Jakarta – Peningkatan kinerja saham pada bulan Januari 2010 3% sejalan dengan membaiknya likuiditas di pasar saham. Meskipun sempat diwarnai pengetatan moneter dan pembatasan perbankan.

Demikian dikutip dari rilis BI setelah Rapat Dewan Gubernur, Kamis (4/2). Sentimen negatif dari dinamika global itu seperti pengetatan moneter di China, ekspektasi rencana pembatasan bidang usaha perbankan dan rencana Pemerintah AS. Pemerintah Obama berusaha mulai keluar dari strategi kebijakan quantitative easing, serta sustainabilitas fiskal Yunani. Di pasar obligasi, perbaikan rating utang luar negeri Indonesia dari BB ke BB+ mendorong penurunan yield SUN hampir di semua tenor. Secara rata-rata, yield SUN turun sebesar 11 bps (mtm).

Di sektor keuangan domestik, kinerja pasar keuangan terus meningkat sejalan dengan stabilitas ekonomi domestik dan sentimen global yang semakin membaik. Di pasar uang, kondisi likuiditas perbankan meningkat tercermin dari suku bunga PUAB O/N yang terjaga di sekitar BI Rate, serta risiko PUAB yang menurun. [hid]
Kamis, 04/02/2010 16:36 WIB
Net Beli Asing Turun Rp 3,26 Triliun di Januari 2010
Wahyu Daniel – detikFinance

Jakarta – Transaksi beli asing di pasar saham sepanjang Januari 2010 mengalami penurunan cukup drastis menjadi hanya Rp 580 miliar, dari jumlah pembelian saham oleh investor asing di Desember 2009 yang sebesar Rp 3,84 triliun.

Demikian disampaikan dalam Tinjauan Kebijakan Moneter Bank Indonesia (BI) yang dikutip detikFinance, Kamis (4/2/2010).

Meskipun jumlah transaksi beli saham oleh asing menurun, namun sepanjang Januari 2010, volume perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) tercatat mengalami kenaikan menjadi Rp 3,79 triliun per hari, dibandingkan rata-rata volume perdagangan Desember 2009 yang sebesar Rp 2,9 triliun per hari.

“Kinerja IHSG pada Januari 2010 membaik. IHSG menguat sebesar 3,02% dan ditutup pada level 2.610,8. Pelaku pasar menangkap sinyal bahwa belum terdapat tekanan inflasi yang signifikan hingga semester I-2009.

Tidak berubahnya level BI Rate diterjemahkan sebagai upaya bank sentral untuk mendorong momentum pertumbuhan ekonomi dengan tetap menjaga pencapaian sasaran inflasi pada tahun 2010. Hal tersebut kemudian direspon pelaku pasar dengan peningkatan transaksi di pasar saham,” demikian dikatakan BI.

Dinamika yang berkembang di pasar keuangan global sempat meredam peningkatan IHSG di awal tahun. Kebijakan pengetatan moneter dan rencana pembatasan ekspansi kredit yang terjadi di China, rencana Pemerintah AS untuk mulai keluar dari strategi kebijakan quantitative easing, melakukan penyesuaian operasi moneter, dan membatasi ukuran dan kegiatan bisnis bank di AS serta krisis pasar utang Yunani akibat membengkaknya defisit fiskal menyebabkan koreksi yang cukup dalam pada indeks regional yang pada akhirnya turut mempengaruhi kinerja IHSG.

Namun, pada akhirnya IHSG berhasil rebound yang dipicu oleh, langkah the Fed untuk mempertahankan Fed Fund Rate pada kisaran 0-0,25%, rencana pemotongan pajak oleh Pemerintah AS, pidato Presiden AS Barrack Obama yang memberikan penegasan tidak bermaksud untuk ‘menghukum’ bank, serta peningkatan rating oleh lembaga rating Fitch untuk delapan bank umum domestik, dari ‘BB’ menjadi ‘BB+’, setelah sebelumnya, peringkat utang pemerintah Indonesia juga dinaikkan menjadi satu level di bawah investment grade.
(dnl/qom)

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s