1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

saham lapis dua saat koreksi global … 070210 7 Februari 2010

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 1:52 pm

07/02/2010 – 11:11
Saham Lapis Dua Jadi Favorit Investor
Susan Silaban

(inilah.com/Agus Priatna)
INILAH.COM, Jakarta – Selama satu pekan terakhir ini, saham lapis dua alias second liner menjadi favorit pelaku pasar baik dibeli maupun dijual. Indeks pun dapat ditolong ketimbang sektor tambang.

Berdasarkan data resmi BEI seperti dikutip INILAH.COM mencatat mulai dari 1-5 Februari 2010, pada penutupan perdagangan bursa mengawali pekan pertama di Februari ada sejumlah saham-saham yang semangat diantaranya ada Bank Tabugan Pensiunan Negara (BTPN) dan Mandom Investama (MDMN).

Hari kedua (2/2), indeks kembali turun 0,28%, namun ada saham-saham yang menguat adalah Goodyear Tbk (GDYR) dan Adira Dinamika Multi Finance Tbk (ADMF). Namun, pada hari ketiga indeks kembali rebound 0,97% yang didukung oleh saha Goodyear Indonesia tBk (GDYR) dan Hexindo Adiperkasa Tbk (HEXA).

Namun, menjelang hari keempat kembali IHSG didera utang Eropa sehingga indeks pun kembali lunglai 0,44%, namun kembali lagi invetor masih memburu saham Goodyear Indonesia Tbk (GDYR), HM Sampoerna Tbk (HMSP) dan Astra Otopart Tbk (AUTO).

Sayang, pada hari ke lima indeks tak mampu bertahan. Indeks pun melantai 2,86%, tapi saham Matahari Departemen Store (LPPF), Elang Teknologi Indonesia Tbk (EMTK) dan Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) pun banyak diburu. Bahkan, saham LPPF, EMTK, MAPI, MDRN, JECC pun menjadi top gainer pada perdagangan Jumat (5/2).

Analis pasar modal Daivd Cornelis menguraikan, penurunan market yang terjadi saat ini adalah risiko sistematis pasar, tearah dan terukur, tidak ada yang perlu dikhawatirkan, ini hanya sentimen negatif saja yang saling bereaksi (bukan fundamental-driven), penurunan ini sudah diekspektasikan dari akhir Januari lalu. Tidak perlu bingung, tetapi tetap waspada dan menangkap momentum dan oportuniti yang ditawarkan oleh pasar saat ini bargain hunting.

Tren dalam jangka pendek masih akan melemah, namun dalam gerakan intraday dan hariannya ada technical rebound yang dapat memberi gain yang relatif besar. Kondisi saat ini jauh berbeda dari situasi crash tahun lalu. Buy on Weakness and play swing trading,” ujarnya. [san/cms]

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s