1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

I(nikah)H(arga)S(ukacita)G(w) pekan aneh… 130210 13 Februari 2010

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 9:32 am

13/02/2010 – 08:33
Indeks Sepekan, Tergantung Kondisi Eksternal

(inilah.com/Agung Rajasa)
INILAH.COM, Jakarta – Indeks saham pada pekan kedua Februari sangat dipengaruhi sentimen eksternal baik dari bursa Eropa, Wall Street maupun regional. Indek susah payah mempertahankan level 2.500.

Menurut pengamat pasar modal, Deni Hamzah, dari sisi fundamental ekonomi Indonesia sangat positif. Investor tidak mengkhawatirkan dibanding negara lain. “Namun indeks lebih dipengaruhi faktor ekternal dan pekan ini investor masih menghawatirkan krisis di Eropa yang berasal dari utang Yunani, Portugal dan Spanyol,” katanya kepada INILAH.COM pekan kemarin.

Sentimen tersebut cukup berat menekan IHSG ^JKSE karena belum ada senitmen yang masuk. Laporan keuangan kuartal IV 2009 yang menjadi ekspektasi investor pun belum keluar. Apalagi data dari AS pun masih belum stabil pada awal pekan ini, seperti tentang klaim pengangguran dan kebijakan The Fed soal suku bunga. Bahkan minyak pun sempat mendekati level US$70/barel. Tekanan ini sempat membuat IHSG mendekati level 2.200.

Namun pada akhir pekan, pemipin eropa mulai menunjukan kepeduliannya kepada krisis Yunani. Hal ini memberikan sentimen positif ke bursa global termasuk regional yang mengangkat IHSG. Tetapi pada saat bersamaan, dari internal menyebar isu dari ranah politik soal reshuffle kabinet SBY karena kasus Century. Suhu politik pun memanas karena terjadi saling serang, termasuk soal tunggakan pajak grup Bakrie sehingga menahan penguatan indeks kembali di level 2.500.

Setelah berkutat pada isu politik, ternyata beberapa sentimen positif muncul di akhir pekan. Kenaikan harga minyak, indeks wall street yang positif karena penyelesaian krisis Yunani ternyata lebih kuat mengangkat indeks regional. Mendapat pemicu positif maka indeks kembali ke level 2.500.

Penutupan akhir pekan indeks ditutup di level 2534,137 dari penutupan minggu lalu di 2518,976. Saham-saham blue chip pun sudah kembali naik mengikuti sentimen yang ada. [hid]

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s