1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

pasar ikut ngatur the fed … 210210 21 Februari 2010

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 7:26 pm

21/02/2010 – 14:29
Pasar Saham Terima Keputusan The Fed?

(Istimewa)
INILAH.COM, New York – Pelaku pasar saham mengharapkan The Fed jangan buru-buru penerapan keputusan menaikkan suku bunga. Buktinya pasar berbalik arah dengan keputusan bang sentral AS tersebut.

Hal itu dikutip dari hasil riset ING Investment Management yang dikutup CNBC Sabtu, di New York Sabtu (20/2). Investor awalnya menanggapi negatif keputusan Fed ini, membuat indeks saham berjangka Wall Street melemah beberapa saat setelah pengumuman. Tetapi pasar berbalik arah sampai penutupan dan sektor perbankan menjadi saham terbaik di S&P 500. Asalkan The Fed tidak terburu-buru dalam menaikkan suku bunga, pasar terlihat menanggapi dengan tidak terlalu buruk.

“Kebanyakan orang berasumsi bahwa ketika The Fed mulai melakukan pengetatan, pasar akan turun. Hal itu mungkin reaksi jangka pendek. Saya akan senang karena hal itu akan mengindikasikan bahwa kondisi muali membaik,” ujar Uri Landesman, kepala strategi pertumbuhan global dari ING Investment Management.

Menaikkan suku bunga dan menghentikan aliran likuiditas kedalam ekonomi mungkin dianggap sebagai hadangan bagi pertumbuhan pasar saham, tetapi banyak investor yang sesungguhnya ingin mengantisipasi bahwa langkah tersebut akan menambah level optimisme investor.

Sementara Bank of America-Merrill Lynch Global Research menyebutkan suku bunga AS jangka panjang meningkat moderat dan melambat dari level terendah ekstrim setelah pengumuman seiring dengan pemulihan terus akan menjadi positif bagi saham. “Tetapi kenaikan suku bunga yang tajam akan menjadi negatif. Lonjakan pada suku bunga akan mengurangi stabilitas pemulihan yang masih rentan pada pasar perumahan AS dan memberikan tekanan pada perbankan,” jelasnya.

Jika Fed menunggu terlalu lama untuk menaikkan suku bunga, resikonya harga khususnya di komoditi, akan keluar kontrol. Sebaliknya, jika dinaikkan terlalu cepat bisa-bisa menohok oksigen moneter yang dibutuhkan untuk mendongkrak ekonomi. Investor akan senang melihat suku bunga normal sebagai sebuah indikator telah mengendalikan deflasi.

Fed masih punya senjata lain selain kebijakan moneter langsung seperti kenaikan suku bunga diskonto 25 basis poin ini dan menghentikan langkah moneter kuantitatif yang dijalankan ketika krisis sedang menjadi-jadi. Tetapi suku bunga Fed fund adalah ukuran yang paling diperhatikan dan menghasilkan diskusi paling besar diantara pelaku pasar.

Ada banyak perbedaan mengenai perkiraan kapan The Fed mungkin mulai menaikkan suku bunga utama. Dari yang memprediksi dua-tiga bulan lagi sampai perkiraan di 2011 yang dibuat BofA-Merril. Bahkan ada yang kecewa terhadap apa yang disampaikan dalam minutes meeting terakhir dimana Fed tidak akan terburu-buru menaikkan suku bunga.

Ada dua isu utama yang menjadi beban The Fed yaitu tingginya tingkat pengangguran dan ketidakmampuan pasar perumahan untuk bangkit walaupun banyak analis mengatakan bahwa pasar perumahan telah mencapai titik terendahnya.

Pasar akan mulai merespon kemungkinan kenaikan suku bunga dengan sendirinya, ini yang membuat Fed khawatir. Pasar memperhatikan data, menganalisa data, sama persis dengan The Fed yang menguji data yang sama. Ketika pasar merasa bahwa mereka memasuki pertumbuhan berlanjut, bahwa ada sebuah siklus memasuki ekonomi, pasar akan bertepuk-tangan pada strategi exit Fed. [*/hid]

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s