1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

p0liTiK itU k0T0r(p)R(p)R(p)R(p)r(p) 24 Februari 2010

Filed under: Investasi dan Risiko — bumi2009fans @ 2:09 pm

Indeks Gagal Dekati Level 2.600
Rabu, 24 Februari 2010 | 17:22 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta – Jatuhnya indeks saham Dow Jones yang berimbas ke bursa regional lainnya membuat pergerakan indeks kembali tertahan.

Pada perdagangan hari ini indeks harga saham gabungan Bursa Efek Indonesia ditutup turun tipis 4,235 poin (0,16 persen) ke level 2.579,416 dibandingkan posisi kemarin.

Volume perdagangan mencapai 4,9 miliar unit, dengan nilai Rp 3,1 triliun, serta frekuensi sebanyak 91 ribu kali. Sebanyak 103 saham harganya turun, hanya 66 saham yang naik, dan 63 saham lainnya tidak mengalami perubahan.

Saham-saham yang menghambat indeks kali ini antara lain: saham Bumi Resources turun Rp 50 menjadi Rp 2.275, Bank BRI melemah Rp 100 menjadi Rp 7.350, Telkom terkoreksi Rp 50 menjadi Rp 8.450, Astra International turun Rp 100 menjadi Rp 36.800, Indo Tambangraya merosot Rp 31.350, serta Astra Agro harganya juga tergelincir Rp 200 menjadi Rp 24.500 per saham.

Kepala Riset PT Bhakti Securities Edwin Sebayang mengungkapkan melemahnya bursa regional serta turunnya harga komoditas menghentikan kenaikan indeks dalam dua hari terakhir.

Hingga 2 Maret, ia memperkirakan, indeks akan bergerak side way (datar) karena investor akan menunggu hasil sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat terkait kasus Bank Century.

VIVA BK
24/02/2010 – 13:52
Menkeu Dicopot, Pasar Bakal Bereaksi Negatif
Rosdianah Dewi

INILAH.COM, Jakarta – Pasar akan bereaksi negatif jika Menteri Keuangan Sri Mulyani dicopot karena hasil rekomendasi dari Panitia Khusus (Pansus) Angket Bank Century.

Demikian dikatakan Kepala Ekonomi Mandiri, Mirza Aditya Swara kepada INILAH.COM, Rabu (24/2). “Jika Presiden mencopot Menkeu karena rekomendasi DPR tersebut maka pasar akan bereaksi negatif. Karena ini berarti pasar harus melihat lagi kebijakan makro ekonomi dari Menkeu yang baru,” ucapnya.

Ia menuturkan, saat ini pasar saat ini melihat bahwa apa yang direkomendasikan oleh partai oposisi di DPR terpisah dari kabinet, artinya kesimpulan DPR tidak harus diikuti oleh Presiden karena sistem kabinet di Indonesia adalah kabinet presidential sehingga Presiden bisa tetap mempertahankan menteri keuangan.

Dikatakannya, Pansus Century adalah lembaga politik , bukan lembaga hukum. Dengan begitu kesimpulan yang diperoleh bisa berbeda beda tergantung kepada kebijakan politik masing-masing partai. “Kebenaran hukum akan diperoleh di lembaga hukum, sedangkan kebenaran mutlak ada di Tuhan Yang Maha Kuasa. Jadi, kita tunggu saja apakah KPK atau Kejaksaan akan menemukan pelanggaran hukum dalam keputusan bailout Bank Century,” ucapnya.

Mirza berpendapat, berdasarkan fakta ekonomi yang ada pada waktu itu, situasi ekonomi dunia dan perbankan Indonesia di kwartal IV 2008 hingga kwartal I 2009 adalah situasi yang sangat genting, sehingga pemerintah

dan BI menghindari jatuhnya kepercayaan masyarakat dengan cara menyelamatkan Bank Century. “Suatu keputusan sulit dan dilematis tapi memang harus diambil demi stabilitas ekonomi dan demi kesejahteraan masyarakat luas,” tukasnya. [cms]

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s