1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

K0T0R(p) itu P0(00000000000)litik:030310 3 Maret 2010

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 7:38 am

Kisruh Century, Indeks Bakal terus Menguat
Rabu, 3 Maret 2010 – 07:31 wib
TEXT SIZE :
Widi Agustian – Okezone

Foto: Koran SI
JAKARTA – Kendati sentimen negatif datang babak akhir skandal Bank Century, indeks harga saham gabungan (IHSG) nampaknya masih akan melanjutkan penguatannya.

”Secara teknikal idealnya indeks masih akan menguat,” kata Kepala Riset Paramitra Alfa Sekurities Pardomuan Sihombing ketika dihubungi di Jakarta, Rabu (3/3/2010).

Dia menjelaskan, perhatian utama pelaku pasar saat ini masih pada perkembangan terbaru seputar kasus century. Dimana, kata Pardomuan hal tersebut menjadi satu-satunya sentiment negatif dari dalam negeri.

Akan tetapi, menurutnya apapun keputusan dari DPR mendatang, ia memproyeksikan tidak akan banyak menggerakan indeks. Pasalnya saat ini juga tengah banyak sentimen positif yang berasal dari dalam negeri.

Dimana Angka inflasi 0,3 persen, nilai tukar rupiah yang relatif stabil, serta laporan keuangan emiten yang rata-rata positif nampaknya masih akan membuat investor percaya diri.

Sementara dari faktor eskternal, ia menyebutkan jika sentimen positif juga datang dari indeks regional yang masih positif. Walau demikian, naiknya harga komoditas nampaknya akan sedikit menahan laju indeks.

Menurutnya, indeks hari ini akan berada pada kisaran support di level 2.550-2.580, sementara resistance berada pada posisi 2.590-2.610. Dimana disebutkan juga saham dari sektor infrastruktur, perbankan dan consumer goods patut mendapatkan perhatian.

Sebaliknya, analisa dari Trimegah Securities menyebutkan jika indeks masih dalam tren untuk melemah. ” Untuk hari ini stochastic yang masih dalam tren turun membuat IHSG diperkirakan cenderung berkonsolidasi di kisaran 2.550-2.598,” jelas Trimegah.

Sebelumnya, indeks saham pada penutupan perdagangan kemarin, Selasa (2/3/2010) terpantau naik cukup tajam 21,917 poin atau setara 0,86 persen ke level 2.576,691.

Volume perdagangan saham tercatat sebanyak 3,147 miliar lembar saham senilai Rp3,233 triliun dengan total transaksi mencapai 70.515. Saham yang ditutup menguat 120 jenis saham, melemah 74 jenis saham, dan stagnan 77 jenis saham.

(css)

03/03/2010 – 07:15
Pasar Saham Lebih Pantau Laporan Emiten
Agustina Melani

(inilah.com/Agung Rajasa)
INILAH.COM, Jakarta – Pasar saham lebih memperhatikan laporan keuangan eminten sehingga indeks menguat. Pasar tidak menyukai ketidakpastian seperti perkembangan kasus Century saat ini.

Hal itu disampaikan Kepala Riset PT Bhakti Securities Edwin Sebayang saat dihubungi INILAH.COM, Selasa (2/3). “Penguatan indeks saham didukung oleh laporan keuangan emiten yang cukup bagus pada kuartal keempat 2009 misalnya Astra dan ITMG,” ujar Edwin.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Selasa kemarin ditutup positif pada kisaran 2.576 atau naik 21 poin di tengah situasi sidang paripurna mengenai Century dinilai pelaku pasar sudah ada kepastian politik.

Indeks saham melanjutkan penguatannya juga didukung dari faktor global di mana Perancis dan Jerman akan membantu menangani krisis ekonomi Yunani. Ditambah harga komoditas seperti nikel di kisaran 2100. Edwin menambahkan, kemarin malam setelah ada pernyataan dari Presiden SBY terkait kasus Century memberikan sentimen positif bagi pelaku pasar modal. “Pasar tidak menyukai ketidakpastian. Dengan adanya pernyataan Presiden SBY memberikan sentimen positif,” tambah Edwin.

Menurut Edwin, kerusuhan yang terjadi di luar dan dalam gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) hanya riak-riak kecil dalam politik. Selama tidak ada kerusuhan seperti tahun 1998 maka tidak terlalu pengaruh besar ke pasar modal. Saat ini pelaku pasar melihat fundamental emiten dan pembagian dividen. “Investor juga sedang mengantisipasi pembagian dividen oleh emiten,” ungkap Edwin.

Edwin memprediksikan, indeks saham masih positif pada perdagangan saham Rabu (3/3). Penguatan indeks saham juga didukung penguatan harga komoditas dan fundamental emiten. [hid]

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s