1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

lokal rentan, asien-K tegar … 030310 3 Maret 2010

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 1:25 am

Indeks cenderung volatile
Rabu, 03/03/2010 05:12:52 WIBOleh: Arif Gunawan S./Harry Setiadi Utomo
JAKARTA (Bisnis.com): Pemodal diperkirakan masih rentan dengan sentimen negatif pada perdagangan hari ini, sehingga volatilitasi diperkirakan kembali mewarnai bursa saham.

Meski demikian, indeks harga saham gabungan (IHSG) dinilai masih berpotensi bergerak di wilayah positif.
Analis PT Panin Sekuritas Purwoko Sartono mengatakan pemodal terlihat mulai optimistis sehingga indeks kemarin menguat mengacuhkan kisruh sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

“Kericuhan di Gedung DPR tidak berimbas pada laju pergerakan IHSG yang kemarin menguat 0,85%. Menguatnya indeks didorong aksi beli saham grup Bakrie, yang menguat [rebound] setelah tertekan beberapa waktu terakhir,” tuturnya, kemarin.

Kondisi positif tersebut, lanjutnya, berpotensi berlanjut pada perdagangan hari ini, meski volatilitas masih akan mewarnai bursa. Saham unggulan yang berpotensi diburu di antaranya saham konsumsi, bank, dan pertambangan.

Sepanjang perdagangan kemarin, IHSG berbalik ke teritori positif setelah sempat menurun pada pembukaan pagi ke level 2.554,473. Namun, IHSG segera berbalik melesat 22 poin hingga sempat menyentuh level 2.576,98 dan ditutup pada level 2.570,79.

“Menguatnya indeks didorong aksi beli saham grup Bakrie, yang berbalik menguat [rebound] setelah tertekan dalam beberapa waktu terakhir,” tutur Purwoko.

Nilai transaksi perdagangan kemarin mencapai Rp1,31 triliun, dengan kenaikan harga 106 saham, dan koreksi 57 lainnya. Investor asing mencatatkan pembelian bersih senilai Rp148 miliar.

Kenaikan terjadi di tengah penurunan sebagian bursa utama Asia seperti Shanghai yang turun 0,24% dan Hang Seng melemah 0,83%. Sebaliknya, bursa Nikkei 225 masih naik 0,16%. Panin memperkirakan IHSG hari ini bergerak dari titik topang 2.559 menuju titik resisten 2.593.

Indeks BISNIS-27 berhasil mempertahankan pergerakan positifnya sejak awal pekan ini, meskipun pasar sedang diselimuti kekhawatiran investor terhadap hasil akhir keputusan kasus Century. Indeks ini kemarin berhasil menguat 0,8% ditutup di level 237,67.

Penguatan indeks BISNIS-27 didominasi oleh saham-saham perbankan dan Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), tapi ditekan oleh koreksi profit taking jangka pendek saham sektor pertambangan dan saham Astra Internasional Tbk (ASII).

Saham Bank CIMB-Niaga naik 6,67%, saham Bank Pan Indonesia Tbk (PNBN) naik 2,41%, saham Bank Central Asia Tbk (BBCA) naik 2,08%, saham Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) menguat 1,39% dan saham Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) naik 1,06%.

Kenaikan harga saham perbankan merupakan refleksi optimisme pelaku pasar terhadap daya beli masyarakat yang dicerminkan oleh kenaikan laju inflasi pada Februari sebesar 0,3%. Perbaikan pada daya beli akan berpotensi menurunkan risiko kenaikan rasio kredit bermasalah (non performing loan/NPL) perbankan, sehingga provisi yang disisihkan juga akan menurun.

Saham TLKM bergerak menguat 3,68% didorong oleh sentimen membaiknya daya beli masyarakat dan antisipasi pelaku pasar terhadap laporan keuangan 2009, yang diyakini membukukan kinerja jauh lebih baik dari 2008.

Sebaliknya, saham pertambangan batu bara bergerak melemah oleh aksi ambil untung (profit taking) jangka pendek investor setelah Senin sebelumnya bergerak naik karena harga minyak dunia yang kembali menembus level US$80 per barel.

Namun, pada perdagangan kemarin, harga minyak dunia kembali melemah ke level US$78 per barel. Saham Adaro Energy (ADRO) melemah 0,54%, saham Bayan Resources Tbk (BYAN) turun 0,88% dan saham Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) melemah 0,78%.

Saham Astra Internasional Tbk (ASII) terkoreksi 1,76% ke level Rp36.200 per saham, setelah pada Senin sebelumnya naik 1,66% karena pengumuman rencana pembagian dividen tahun 2009.(htr)

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s