1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

Do It Now … 040310 4 Maret 2010

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 7:57 am

Kamis, 04 Maret 2010 | 07:22

KEJAHATAN PASAR MODAL

Bapepam-LK Bidik Aset Pribadi Pelaku

JAKARTA. Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) tak main-main dalam menjerat para pelaku kejahatan pasar modal. Untuk memperberat sanksi denda dan kewajiban ganti rugi kepada para pelaku, Bapepam-LK juga berencana memasukkan ketentuan penyitaan aset pribadi dari pelaku dalam revisi Undang-Undang Pasar Modal (UU PM).

Ketua Bapepam-LK Fuad Rahmany menjelaskan, pihaknya membidik aset pribadi pelaku jika aset perusahaannya tidak cukup untuk mengganti dana nasabah yang digelapkan. “Maling finansial itu memang berbeda dengan maling di sektor riil. Nilai uang yang hilang bisa mencapai triliunan rupiah, dan itu tidak akan tertutup oleh aset perusahaan,” ujar Fuad, di Jakarta, kemarin (3/3).

Sebelumnya, Robinson Simbolon, Kepala Biro Perundang-undangan dan Bantuan Hukum Bapepam-LK, bilang, pihaknya mengusulkan sanksi denda bagi pelaku penggelapan dinaikkan hingga lima kali dari total dana yang digelapkan. Bapepam-LK juga berencana mematok nilai ganti rugi untuk nasabah Rp 25 miliar hingga Rp 50 miliar.

“Sebenarnya kami lebih bermaksud menanamkan efek jera yang lebih besar bagi para pelaku pasar modal,” ujar Fuad. Dus, selain mengamankan dana investor, Bapepam-LK berpandangan bahwa peningkatan sanksi akan lebih efektif mencegah tindakan penggelapan. Harapannya, pelaku akan berpikir dua kali sebelum menggelapkan dana orang lain, karena aset pribadinya juga akan ludes untuk membayar ganti rugi.

Fuad melanjutkan, hukum pasar modal memang sudah waktunya menerapkan model sanksi ini. Beberapa negara sudah menerapkannya. Ambil contoh kasus Madoff di Amerika Serikat (AS). Selain menjatuhkan sanksi penjara selama 150 tahun, Securities Exchange Comission (SEC) juga mengganjar Madoff dengan nilai denda yang cukup besar. Sehingga, Madoff harus menjual seluruh aset pribadinya.

Sayangnya, Bapepam-LK tidak memiliki kuasa untuk menguasai aset pribadi nasabah. Maklum, Kitab Hukum Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) hanya memberi kewenangan penyitaan atas putusan pengadilan.

Ade Jun Firdaus kontan

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s