1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

p0litik itu k0t0R(p)R(p)r(upiah)r(esah)r(uwet)rrr … 090310 9 Maret 2010

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 7:44 am

Gara-gara Century, Transaksi Harian Bursa Turun
SENIN, 08 MARET 2010 | 18:38 WIB
Besar Kecil Normal
TEMPO/Dwianto Wibowo

TEMPO Interaktif, Jakarta – Bursa Efek Indonesia mengatakan transaksi harian bursa dalam dua bulan terakhir mengalami penurunan. “Terjadi koreksi, terutama sepanjang Februari,” ujar Direktur Pencatatan Bursa Efek Eddy Sugito di Jakarta, Senin (8/3).

Sebelumnya otoritas bursa menargetkan rata-rata transaksi harian mencapai Rp 4,5 triliun pada 2010. Adapun target pedagangan rata-rata harian saham pada 2009 adalah Rp 3,75 triliun per hari. “Sekarang transaksi baru mencapai sekitar Rp 2 triliun,” kata Eddy.

Penyebab utama turunnya transaksi harian Bursa Efek Indonesia, menurut Eddy, akibatk polemik kasus dana talangan Bank Century yang tak kunjung selesai. Polemik tersebut dinilai tidak menguntungkan bagi pasar dan menguras banyak energi pelaku pasar.

Dampak polemik ini terutama dirasakan investor lokal. “Investor lokal terus mengamati arah politik, apakah akan berdampak terhadap investasi,” tutur Eddy. Hal ini menimbulkan sentimen negatif pada investor lokal. Akibatnya, transaksi mengalami penurunan dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Eddy mengaku tidak khawatir penurunan transaksi pada awal tahun ini akan mempengaruhi pencapaian target. Otoritas masih yakin bahwa fundamental ekonomi Indonesia mampu mendorong peningkatan investasi. “Masih terlalu dini untuk dapat mempengaruhi target tahunan, kami belum akan mengubah target,” katanya.

FAMEGA SYAVIRA

Gonjang-ganjing Century Bikin Kebal Ekonomi
Semakin sering terjadi peristiwa politik, makin kebal pelaku ekonomi.
SENIN, 8 MARET 2010, 16:03 WIB
Elin Yunita Kristanti, Mohammad Adam

Suasana ricuh saat paripurna Pansus Century (Andika Wahyu/Antara)
BERITA TERKAIT
Daripada Bentrok, Polisi Makassar Salawatan
Si Poltak “Nggak Ada Loe Nggak Rame”
Ditinggal SBY, Boediono Tak Terganggu Century
PDIP Tersandung Hukum, Ini Pesan Megawati
Ketua DPR Sesalkan Bentrok HMI-Polisi
Web Tools

VIVAnews – Pimpinan MPR dan DPD melakukan pertemuan dengan pengamat ekonomi hari ini, Senin 8 Maret 2010. Pertemuan ini, kata Ketua DPD Irman Gusman, untuk mengetahui apakah peristiwa politik semacam angket Century kemarin mempengaruhi dunia investasi dan masa depan perekonomian atau tidak.

“Kami ingin mengetahui apakah gonjang-ganjing politik kemarin itu, membuat gonjang-ganjing juga nggak di perekonomian, rakyat terpengaruh dengan itu atau tidak,” kata Ketua MPR Taufik Kiemas, dalam jumpa pers usai pertemuan tersebut di Ruang Rapat Pimpinan DPD lantai 8, DPR RI, Jakarta.

Pengamat Ekonomi CIDES, Umar Juoro, dalam kesempatan jumpa pers tersebut juga menjelaskan bahwa prospek ekonomi Indonesia ke depan begitu baik. Pertumbuhan ekonomi 6,5 persen masih bisa tercapai.

Namun syaratnya pemerintah mesti membangun infrastruktur yang menunjang kemudahan kegiatan perekonomian seperti jalan, jembatan, pelabuhan dan lainnya.

Gonjang-ganjing politik di DPR terkait kasus Bank Century menurutnya tak memberi pengaruh yang terlalu signifikan terhadap perekonomian.

Indikasi yang digunakannya adalah tidak terjadi pelemahan terhadap rupiah yang begitu drastis, dan pasar modal pun masih relatif kuat.

Sehingga, tambah dia, investor tak perlu kuatir bahwa proses politik ini akan berdampak negatif dalam dunia usaha.

Adapun Pengamat Ekonomi Indef, Iman Sugema, menyatakan hal yang senada. Menurutnya situasi politik tidak bisa serta merta mempengaruhi perekonomian.

“Semakin sering terjadi peristiwa politik, terjadi kekebalan pada pelaku ekonomi terhadap situasi politik,” kata Iman.

Menurut Iman, kejadian ‘panas’ angket Bank Century di DPR hanya mempengaruhi pelaku ekonomi sekitar 20 persen saja pada bisnisnya.

Makanya Iman mengharap investor pun tak perlu kuatir secara berlebihan atas peristiwa-peristiwa politik lainnya di masa depan.

Dengan kata lain, kata Irman, ini membuktikan masyarakat Indonesia telah dewasa dalam menyikapi peristiwa politik. Meski gonjang-ganjing terjadi di dunia politik, namun pelaku ekonomi tetap bisa bekerja dengan baik dan tak terpengaruh secara signifikan.

“Meski ada konflik elit, ekonomi ternyata tetap berjalan,” kata Irman.

• VIVAnews

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s