1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

JADILAH, penerima insider information :) … 120310 12 Maret 2010

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 2:41 pm

Informasi Material
Selasa, 9 Maret 2010 – 09:43 wib

Informasi dalam kegiatan transaksi efek di pasar modal ibarat aliran darah. Jika tidak ada informasi, maka pelaku pasar cenderung lesu, tidak bersemangat, tidak termotivasi untuk melakukan kegiatan jual beli.

Lain halnya jika informasi itu mengalir membasahi setiap sudut galeri bursa, setiap dealing room di setiap perusahaan efek maka dengan sendirinya bursa akan bergairah, investor memiliki energi untuk melakukan jual beli sehingga pasar menjadi semarak.

Keberadaan informasi sangat menentukan riuh rendahnya transaksi yang terjadi di bursa. Pendek kata, informasi memegang peranan dan fungsi yang amat penting dalam menentukan keputusan investasi.

Begitu pentingnya peran dan fungsi informasi bagi pelaku pasar sehingga kebanyakan pelaku pasar selalu mencari-cari informasi yang bisa mendatangkan capital gain. Bahkan tidak jarang, informasi yang masih belum jelas nara sumbernya sudah dianggap sebagai informasi yang valid. Pelaku pasar yang aktif selalu berusaha keras untuk mendapatkan informasi material yang valid, meskipun kadang-kadang informasi itu belum saatnya jadi konsumsi publik.

Pihak otoritas sangat memahami bahwa peran informasi di pasar modal sangat strategis. Ada yang menyebut, untuk memenangkan permainan di pasar mau tidak mau, tidak bisa tidak harus menguasai sumber informasi nomor satu. Pihak yang menguasai informasi memiliki peluang besar untuk memenangkan pasar.

Sadar akan fungsi dan peran informasi yang begitu fantastis, pihak otoritas tidak main-main terhadap emiten yang cenderung menyembunyikan informasi material, tidak transparan. Penyebaran informasi haruslah merata ke semua pelaku pasar baik kecil maupun besar, baik lokal maupun asing. Di sisi lain soal penyebaran informasi ke publik ini diatur dalam satu peraturan tersendiri.

Merujuk kepada Peraturan Bapepam-LK Nomor X.K.1 tentang Keterbukaan Informasi yang Harus Segera Diumumkan Kepada Publik, setiap Perusahaan Tercatat wajib segera melaporkan setiap peristiwa, informasi atau fakta material, yang dapat mempengaruhi nilai efek perusahaan atau keputusan investasi pemodal, paling lambat pada akhir hari kerja kedua.

Misal emiten XYZ akan melakukan akuisisi terhadap sebuah perusahaan yang sifatnya material. Rencana akuisisi itu sendiri masih bersifat rahasia, tidak boleh bocor kepada pihak manapun.

Jika informasi rencana akuisisi itu sengaja dibocorkan dan dimanfaatkan untuk mengambil keuntungan dengan membeli saham di pasar maka pihak yang membocorkan dan yang memanfaatkan informasi itu akan dikenai delik insider trading dan terkena penalti berat. Tapi, jika rencana akuisisi itu sudah ditandatangani, semestinya rencana akuisisi tersebut sudah diumumkan ke publik dalam waktu dua kali 24 jam.

Meskipun demikian, jika terdapat peristiwa penting sebagaimana dimaksud di atas, akan lebih baik jika emiten atau perseroan tidak menunggu hingga hari kerja kedua untuk melaporkan kejadian tersebut kepada Bursa Efek.

Dalam hal ini, Bursa mengetahui suatu kejadian penting yang telah terjadi tetapi belum dilaporkan kepada Bursa untuk diumumkan di Bursa, maka Bursa akan meminta penjelasan tertulis kepada emiten dan mempertimbangkan untuk melakukan penghentian perdagangan (suspensi) hingga perusahaan tercatat melakukan keterbukaan informasi.

Ketentuan yang disebut di atas mencakup jenis kejadian yang sangat luas, tidak sebatas soal rencana akuisisi. Oleh karena itu manajemen perseroan harus melakukan pertimbangan profesional untuk menentukan apakah satu kejadian atau informasi penting yang perlu segera dilaporkan.

Suatu kejadian mungkin secara financial nilainya tidak dapat ditentukan atau tidak material tetapi karena sifat kejadiannya yang penting, maka kejadian tersebut tetap wajib segera dilaporkan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Selain itu yang dimaksud kejadian penting di atas, tidak hanya meliputi kejadian penting yang terjadi pada perseroan, tetapi juga kejadian penting yang terjadi pada anak perusahaan dan perusahaan asosiasi. (Tim BEI)(//ade)

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s