1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

ciri utama uang paNA$: MUDAH MeNgUaP … 290310 29 Maret 2010

Filed under: Investasi dan Risiko — bumi2009fans @ 7:21 am

Mar 24th, 2010 | Rubrik PROGNOSIS
Panasnya Uang Panas
Oleh : Prayogo P. Harto
Salah satu jenis risiko yang dapat membuat sebuah perekonomian kolaps adalah uang panas (hot money). Dus, sangat penting mengelola ancaman uang ini.
Suka atau tidak, kontribusi hot money bukan hanya meruntuhkan pasar saham tetapi ikut berperan mengangkat Bursa Efek Indonesia (BEI). Inilah yang membuat para pelaku pasar modal memandang hot money dalam bingkai benci tapi rindu. Benci karena paling tidak dua kali sudah hot money membuat dunia pasar modal tanah air terjungkal nyaris ke dasar, tahun 1997/1998 dan 2008 lalu.
Namun di sisi lain, hot money juga yang ditengarai menjadi salah satu kebangkitan pasar modal nasional. Seperti diketahui, BEI telah ditasbihkan menjadi bursa terbaik di kawasan Asia Pasifik dengan membukukan pertumbuhan indeks saham gabungan 86,5 % pada tahun lalu. Hanya saja sejumlah analis pasar modal menilai kebangkitan signifikan IHSG BEI tersebut tak lepas dari peran membanjirnya hot money ke bursa nasional, menyusul keruntuhan ekonomi di negara-negara maju, seperti AS dan Eropa.
Indikasi kuatnya cengkraman hot money di tanah air dapat dilihat data PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Hingga akhir Januari lalu penguasaan investor asing terhadap surat berharga di tanah air memang terlihat begitu dominan, yaitu 61,55 % dari total kapitalisasi pasar surat berharga di BEI. Sementara investor lokal hanya menguasai 38,45 %.
Tetapi ini memang risiko Indonesia yang sistem devisa bebas. Dengan sistem ini, dana asing bebas masuk ke manapun yang mereka mau, baik kepada Suku Bunga Bank Indonesia (SBI), Surat Utang Negara (SUN), atau pasar modal. Dengan sistem ini juga , pemilik modal asing dengan seenaknya bisa menyimpan atau mengambil kapanpun dengan jumlah yang juga mereka tentukan.
Rezim devisa bebas hanya satu faktor yang membuat Indonesia menjadi surga hot money. Faktor yang lainnya adalah rezim bunga tinggi yang masih dipertahankan Indonesia. Saat ini BI Rate berada di level 6,5 %. Selisihnya sangat besar jika dibandingkan dengan negara lain. Liberalisasi dan bunga tinggi itulah yang membuat sejumlah investor hot money memandang Indonesia sebagai surga. Sebab, investor hot money berpotensi mengeruk keuntungan berlipat ganda akan dari selisih bunga yang sangat besar itu.
Pada tahun ini pun diperkirakan aliran hot money masih akan mewarnai pasar modal nasional. Boleh jadi jumlahnya bakal lebih tinggi ketimbang tahun lalu. Hanya saja, yang perlu dipertimbangkan adalah bila aliran dana hot money ini bila tak diantisipasi dengan baik maka akan sangat berbahaya bagi stabilitas pasar modal. Sebab, sewaktu-waktu hot money bisa mengalir keluar setiap saat. Jika ini terjadi, bisa berakibat fatal pada industri pasar saham tanah air. Pasalnya, dengan dominasi asing yang demikian dominan di pasar saham, keluarnya dana asing dalam jumlah signifikan bisa meruntuhkan nilai saham hingga ke dasar, seperti pada tahun 1998 dan 2008 lalu.
Lantas, bagaimana caranya meredam hot money agar tidak seenaknya keluar masuk? Nampaknya peran Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK). Salah satunya dengan mengawasi investasi sekuritas asing pada saham tertentu saja. Sebab, suntikan dana asing di pasar modal hanya berputar di beberapa saham tertentu ini akan berisiko bagi kestabilan likuiditas pasar modal.
Di sisi lain, pemerintah juga perlu memiliki strategi yang tepat untuk mengelola aliran dana yang masuk ke dalam negeri untuk menghidupkan sektor riil. Pemerintah dapat mencontoh beberapa negara yang berani memanfaatkan aliran hot money untuk menjalankan sektor riilnya seperti, China yang memiliki lembaga khusus untuk mencari hot money namun dana tersebut nantinya dialirkan dalam bentuk subsidi ke sektor-sektor tertentu.
ULASAN PASAR
Hot money dorong indeks 2,56%

JAKARTA: Indeks harga saham gabungan (IHSG) selama sepekan kemarin bergerak menguat 2,56% ditutup di level 2813,08. Kenaikan IHSG tersebut ditopang oleh saham pertambangan dan perbankan serta sentimen positif aliran dana asing (hot money).
Saham-saham perbankan bergerak positif seiring dengan ekspektasi investor akan terjadi deflasi pada Maret hingga akan menjaga posisi suku bunga acuan (BI Rate) pada awal April.

Selain itu, posisi rupiah yang berada dalam tren apresiasi terhadap dolar AS menambah sentimen beli terutama bagi investor asing yang mengharapkan tingkat keuntungan dari capital gain dan selisih kurs.

Koreksi juga mewarnai pergerakan IHSG yang dipicu oleh kondisi harga saham pertambangan batu bara yang sudah cukup mahal serta harga minyak dunia yang sempat merosot ke level US$80 per barel dari posisi US$82 per barel pekan sebelumnya.

Sementara itu, Indeks BISNIS-27 bergerak menguat 3,19% selama sepekan kemarin ditutup di level 261,26 pada Jumat pekan lalu. Sejalan dengan IHSG, menguatnya indeks BISNIS-27 juga ditopang oleh saham perbankan dan juga pertambangan batu bara.

Saham pertambangan batu bara tetap menopang kenaikan indeks BISNIS-27 meski terjadi sedikit koreksi harga batu bara akibat melemahnya harga minyak dunia dalam perdagangan pekan lalu.

Oleh Harry Setiadi Utomo
Analis Bisnis Indonesia Intelligence Unit
PREDIKSI
Indeks berpotensi rally

JAKARTA: Pemodal diperkirakan melanjutkan aksi beli saham unggulan hari ini, setelah level 2.800 yang merupakan titik psikologis tertinggi bursa Indonesia berhasil disentuh kembali kemarin.
Indeks harga saham gabungan (IHSG) secara teknis dinilai masih menyimpan potensi penguatan, setelah harga minyak mentah dunia kemarin menguat 0,42% (US$0,34 per barel) ke level harga US$90,95.

Analis teknikal PT Kresna Securities Adityawarman mengatakan indikator teknis masih membuka peluang kenaikan IHSG, seperti terlihat dari rerata pergerakan konvergen-divergen (MACD) yang masih menguat dari sebelumnya 44,9 menjadi 49,2.

“IHSG berpotensi melanjutkan penguatan setelah menembus level resistan 2.784. Posisi stokastik menunjukkan penguatan dari sebelumnya 55,1 menjadi 74,4,” paparnya kemarin.

Dia memperkirakan beberapa saham unggulan sektor konsumsi dan pertambangan masih berpeluang dikoleksi kembali pada perdagangan akhir pekan ini. Kisaran transaksi Jumat diperkirakan bergerak antara titik topang 2.768 dan titik resistan 2.823.

IHSG pada Kamis menguat 0,87% (24,29 poin) ke level 2.799,15 di tengah tren penutupan variatif bursa-bursa utama regional. Indeks Shanghai turun 1,23%, Hang Seng melemah 1,15%, sedangkan Nikkei-225 naik 0,13% dan KOSPI menguat 0,44%.

Oleh Arif Gunawan S.
Bisnis Indonesia
REKOMENDASI

Valbury Asia Securities:
Indeks kembali menguat dan menembus resistance 2.780 sehingga terbuka peluang untuk menyentuh kembali level all time high di 2.830. Beli BBNI, PTBA, dan UNTR.

Trimegah Securities:

IHSG telah mencapai target dari trading range dan berpeluang untuk menguji level tertinggi IHSG di 2.838. Untuk hari ini IHSG masih akan bergerak di kisaran 2.756-2820. Saham pilihan hari ini ANTM dan BDMN.

Panin Sekuritas:

Kami melihat saat ini indeks masih berada dalam bullish trend untuk jangka pendek dan menengah. IHSG akan bergerak fluktuatif pada kisaran support-resistance 2.770-2.830.

Kresna Securities:

IHSG berpotensi melanjutkan penguatan setelah menembus level resistant 2784. Posisi stochastic menunjukkan penguatan dari sebelumnya 55.1 naik menjadi 74.4 serta MACD yang masih bergerak naik dari sebelumnya 44.9 menjadi 49.2. Trading range untuk hari ini berada antara 2768-2823. Rekomendasi untuk saham KLBF, UNTR, INDF.

Samuel Sekuritas:

IHSG sudah melampaui trendline yang terhubung melalui harga tertinggi Oktober 2009 dan Januari 2010 di sekitar 2776, sehingga menunjukkan bahwa buying power cukup kuat di pasar. Kenaikan bisa mendekati batas atas channel Februari-Maret 2010 di sekitar 2850 dan resist berikutnya ada di sekitar 2900. Trend naik akan terganggu jika indeks turun di bawah 2776 kembali. Sektor perbankan dan beberapa emiten yang sensitif terhadap data inflasi akan menjadi penggerak pasar.

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s