1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

gelembunk ocehan the fed v. the BI … 080410 8 April 2010

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 5:31 pm

The Fed: Ada Risiko Gelembung Ekonomi
Kamis, 8 April 2010 – 16:34 wib

SANTA FE – Dua pejabat Bank Sentral Amerika Serikat (Fed) memperingatkan adanya risiko ekonomi penggelembungan aset jika tetap mempertahankan suku bunga rendah.

“Saya yakin jika suku bunga terus dipertahankan pada level rendah akan memicu penggelembungan, sebab ini mendorong utang melebihi ekuitas dan konsumsi melebihi tabungan. Ketika kita belum mengetahui dimana penggelembungan terjadi, suku bunga rendah akan mengudang booming credit,” kata Presiden Bank Sentral Kansas Thomas Hoenig seperti dikutip dari Reuters, Kamis (8/4/2010).

Hoenig adalah anggota Komite Pasar Bebas Federal (FOMC) yang memiliki suara untuk memutuskan suku bunga acuan AS. Saat pemungutan suara, dia merupakan salah satu anggota FOMC yang menolak perpanjangan suku bunga rendah. Hoenig berpendapat bahwa Fed tidak perlu lagi memperpanjang karena pemulihan ekonomi sudah terjadi.

Namun, Gubernur Fed Ben Bernanke bersikukuh AS tidak perlu terburu-buru memperketat kebijakan moneternya. Sebab, saat ini AS masih menghadapi berbagai masalah pelik, seperti belum pulihnya sektor perumahan dan tingginya pengangguran di pasar tenaga kerja.

“Kita masih jauh dari baik. Banyak warga Amerika yang sedang mengalami masalah pengangguran dan sita jaminan, atau mengalami kedua hal itu,” papar Bernanke saat pidato di Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Dalas, baru-baru ini.

Hoenig berpendapat bahwa Fed sebenarnya bisa menaikkan suku bunga acuan menjadi sekira satu persen. Kebijakan ini sebenarnya masih mendukung keinginan beberapa pihak untuk menekan biaya utang pada level terendah sepanjang sejarah.

Kenaikan yang rendah juga akan mengirim sinyal kepada pasar bahwa kebijakan moneter longgar, yang dikeluarkan untuk mentabilkan ekonomi saat krisis keuangan, mulai ditarik.

Waktunya sangat tepat untuk memberikan peringatan kepada pasar dalam mengelola risiko mereka, menjadi lebih accountable atas aksi mereka, dan jangan tergantung kepada jaminan yang disediakan Fed. “Mereka akan mengelola risikonya dan mereka akan berhadapan dengan ekonomi pasar,” papar Hoenig.

Sebagian besar dewan gubernur Fed berpendapat tingkat pengangguran sedikit di bawah 10 persen menandakan ekonomi Paman Sam masih lemah. Sehingga, tidak perlu buru-buru menaikkan suku bunga acuan.

Rapat FOMC 16 Maret lalu menunjukkan pengambil kebijakan di Fed mencemaskan kemungkinan kemundurun pemulihan dan ambruknya inflasi. Presiden Bank Sentral New York William Dudley mengatakan, penggelembungan nilai aset sulit diidentifikasi, tapi sering terjadi. Sehingga, pengambil kebijakan harus secara agresif mengantisipasinya.

Jadi kata Dudley, indentifikasi penggelembungan saat terjadi adalah suatu keharusan. Tidak ada alasan pembenaran untuk tidak segera bertindak, ucap dia dalam pidato di Economic Club of New York. “Berdasarkan pengalaman, ada potensi besar penggelembungan aset masih ada dan ambruknya nilai aset akan sangat merusak ekonomi,” tambah dia.

Seperti diketahui, penggelembungan aset real estate pada awal 2000 mulai mengalami deflasi di 2007. Ambruknya harga rumah telah memicu krisis kredit yang kemudian tumbuh menjadi pelemahan keuangan terburuk sejak 1930-an.(Achmad Senoadi/Koran SI/ade)

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s