1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

gelembunk ekspektasi positif @ihsg … 120410 12 April 2010

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 5:28 pm

Analis Belum Khawatirkan Adanya Penggelembungan Aset
SENIN, 12 APRIL 2010 | 13:39 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta – Kepala Riset Pasar Modal PT Samuel Sekuritas Indonesia, Christine Salim, menilai penguatan nilai tukar rupiah dan indeks harga saham gabungan yang melaju cukup kencang dalam sebulan terakhir masih cukup wajar.

Menurut dia, kekhawatiran akan kemungkinan sudah terjadinya penggelembungan aset akibat tingginya arus modal yang masuk ke dalam negeri belum terjadi.

“Harga saat ini masih cukup wajar dengan PE sebesar 15,5x, masih lebih rendah dari posisi tertinggi yang pernah dialami Indonesia di awal 2008 lalu yang sempat mencapai PE 17x ketika indeks saham mencapai posisi tertingginya di 2.830,” kata Christine dalam analisis harian Samuel Sekuritas Indonesia.

Analis Ekonomi Samuel Sekuritas, Lana Soelistianingsih, menambahkan kendati indeks saham sudah menyentuh posisi tertinggi terbaru di 2.850, tetapi arus modal asing yang terus masuk ke emerging market, termasuk Indonesia, dianggap masih di bawah normal.

Modal asing yang masuk ke emerging market tahun lalu mencapai US$ 348,7 milair, lebih rendah dari 2007 sebelum krisis keuangan global terjadi yang mencapai US$1,25 triliun. Tahun ini, dana asing yang masuk tersebut diperkirakan bisa mencapai US$ 671,8 miliar.

Selain kondisi internal pasar, dukungan fundamental ekonomi Indonesia masih positif. Bahkan potensi penguatan ekonomi Indonesia tahun ini masih terbuka.

“Perkiraan pemerintah dalam asumsi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2010 pertumbuhan ekonomi akan mencapai 5,5 persen. Kami melihat potensi ekonomi bisa mencapai lebih tinggi lagi yaitu 5,8 persen,” ujar Lana.

Menurut dia, pertumbuhan ekonomi tahun ini akan didukung selain dari konsumsi masyarakat, juga dari ekspor dan investasi. Posisi Indonesia saat ini juga diuntungkan dengan ketidakstabilan politik di Thailand sehingga keputusan investor asing memilih Indonesia juga terkait dengan stabilitas politik dalam negeri.

Ditambah dengan naiknya peringkat utang Indonesia oleh S&P dan Fitch pada triwulan pertama tahun ini, Lana melanjutkan, semakin memperkuat posisi Indonesia dalam radar investor global.

“Karena itu, potensi kenaikan indeks saham dan penguatan nilai tukar rupiah masih akan berlanjut hingga akhir tahun ini,” ujarnya.

GRACE S GANDHI

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s