1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

jual BELI saham sehari-hari … 120410 12 April 2010

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 5:09 pm

Lending & Borrowing
Senin, 12 April 2010 – 10:59 wib

Dalam kaitan dengan perdagangan saham di bursa, setiap hari pihak bursa, PT Bursa Efek Indonesia (BEI), selalu menyajikan laporan transaksi saham harian ke publik. Isinya memuat seluruh transaksi yang terjadi di semua jenis pasar, dan semua jenis saham yang dilakukan oleh semua perusahaan efek.

Dari sana dapat diketahui, ternyata setiap hari terjadi puluhan ribu transaksi, jumlah saham yang harus berpindah tangan ratusan juta lembar bahkan miliaran yang diikuti oleh perpindahan uang triliunan rupiah. Semua itu terjadi setiap hari.

Jika melihat setiap hari terjadi miliaran saham yang berpindah tangan disertai triliunan dana yang juga berpindah tempat, mungkin Anda pernah bertanya dalam hati, “Kok bisa tidak terjadi kekacauan dalam proses transaksi itu? Kok bisa saham-saham yang jumlahnya miliaran lembar itu berpindah tepat sesuai transaksi? Kok bisa tidak ada kecurangan oleh pemain atau investor? Mungkinkah investor yang tidak punya saham berani menjual saham dan tidak ketahuan dalam transaksi?”

Pertanyaan-pertanyaan semacam itu wajar saja. Bahkan, mungkin Anda masih menyimpan pertanyaan lain berkaitan dengan betapa rapinya transaksi yang terjadi di bursa saham.

Tapi begitulah faktanya, tidak pernah ada kekacauan dalam hal serah terima saham dan uang. Singkat kata, siapa yang beli saham, dia akan mendapat saham dan siapa yang menjual saham maka dia akan mendapatkan uang.

Bagaimana jika terjadi keterlambatan bayar oleh investor yang membeli saham dan bagaimana jika benar-benar ada investor yang tidak punya saham, tapi dia nekat menjual saham atau si investor melakukan kelebihan jual. Misalnya, investor mempunyai 20 lot, tetapi dia menjual sebanyak 30 lot sehingga sehingga kelebihan jual 10 lot.

Keadaan yang berpotensi menimbulkan masalah ini sudah diperhitungkan oleh regulator. Karena itu dalam sistem transaksi saham di bursa efek ada sebuah sistem yang disebut dengan istilah Lending & Borrowing (L&B).

Apa itu dan bagaimana sistem ini bekerja? L&B adalah kegiatan pinjam meminjam efek dan juga uang. Kegiatan pinjam-meminjam merupakan salah satu ciri dari ekonomi modern. Seseorang bisa membeli mobil, rumah dan barang kebutuhan lainnya tidak harus dengan tunai. Bank akan memberi pinjaman dengan jaminan tertentu.

Dalam sistem gadai pun begitu, pihak gadai memberi pinjaman uang dengan jaminan barang yang digadaikan. L&B dalam hal ini diperankan oleh PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) untuk menjamin bahwa seluruh proses transaksi saham di bursa berjalan lancar.

Investor beli mendapat saham dan investor jual mendapat uang. Prinsipnya, KPEI harus menjaga bahwa tidak akan terjadi gagal bayar maupun gagal serah dari seluruh proses transaksi efek di bursa.

Kembali ke pertanyaan di atas tadi, jika ada investor yang terlambat membayar atas efek yang dibelinya maka KPEI akan memberikan dana talangan, dengan catatan transaksi efek yang dilakukan sah. Selanjutnya, KPEI akan menagih melalui perusahaan broker dari investor tersebut. Si investor harus membayar plus bunga keterlambatan yang harus ditanggung.

Begitu pula jika ada investor yang kelebihan jual saham atau sengaja melakukan short selling (menjual saham dengan harapan harga saham turun dan membelinya kembali pada harga lebih rendah) maka KPEI harus memberikan pinjaman efek untuk investor tersebut.

Dengan begitu, investor tidak mengalami gagal serah. Meski begitu, investor harus membayar dengan efek yang sama dalam kurun waktu yang ditentukan. Untuk ini investor juga harus membayar bunga kepada KPEI.

Dalam kasus-kasus terjadinya pinjam meminjam efek maupun uang untuk menghindari terjadinya gagal serah dan gagal bayar, biasanya investor akan berhadapan dengan perusahaan efek atau broker dan selanjutnya perusahaan broker berhadapan dengan KPEI.

Jadi, KPEI tidak langsung berhadapan dengan investor. Dengan adanya L&B, semua pihak diuntungkan baik investor maupun perusahaan broker, dan juga KPEI. (Tim BEI)(//ade)

Iklan
 

2 Responses to “jual BELI saham sehari-hari … 120410”

  1. […] uda terlalu sering melakukan dari broker saham gw karena memang dimungkinkan (real margin ratio)  https://transaksisaham.wordpress.com/2010/04/12/jual-beli-saham-sehari-hari-120410/… tapi tentu saja WAKTU PEMINJAMAN LEWAT SISTEM INI CUMA PENDEK SAJA (maksimum 3 hari sebelum […]

  2. […] uda terlalu sering melakukan dari broker saham gw karena memang dimungkinkan (real margin ratio)  https://transaksisaham.wordpress.com/2010/04/12/jual-beli-saham-sehari-hari-120410/… tapi tentu saja WAKTU PEMINJAMAN LEWAT SISTEM INI CUMA PENDEK SAJA (maksimum 3 hari sebelum […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s