1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

koreksi adalah laba investor … 170410 17 April 2010

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 7:02 pm

17/04/2010 – 09:10
IHSG Sepekan, Kesempatan Ambil Untung

(inilah.com/Wirasatria)
INILAH.COM, Jakarta – Selama pekan kedua bulan April, pergerkkan IHSG lebih banyak diwarnai aksi profit taking karena sudah naik tajaim meskipun indeks sempat menyentuh level 2.900.

Pergerakkan indeks sejak berada di level 2.850-2.900 sering melakukan konsolidasi karena investor memanfaatkan waktu untuk merealisasikan keuntungan. Hal ini dilakukan ketika faktro eksternal memberikan sentimen negatif. Sebab sebagian besar saham blue chip sudah terlalu tinggi.

“Indeks mengalami koreksi untuk merealisasikan keuntungan setelah euforia menembus 2.900,” kata pengamat pasar modal, Deni Hamzah kepada INILAH.COM kemarin.

Investor selalu memanfaatkan momentum untuk menguat saat sentimen dari wall street maupun bursa regional naik. Hal ini terlihat saat sentimen positif dari pernyataan salah satu pejabat The Fed tentang kebijakan suku bunga yang mendorong kenaikan wall street. Kondisi ini dijadikan perrtimbangan untuk melakukan pembelian, bahkan asing sempat net buy hingga Rp173 miliar.

Selama ini yang mengalami fluktuasi saham sektor pertambangan, perbankan dan saham unggulan. Faktor yang mempengaruhi adalah fluktuasi harga minyak yang saat ini berada di atas US$80 per barel. Selain itu kenaikan kurs rupiah yang mendekati 9.000 per US$.

Namun karena indeks sudah naik tajam, investor sering melakukan aksi ambil untung. Hal ini sambil menunggu pendorong yang kuat untuk tetap bertahan di level 2.900. Sebab dari sisi fundamental seperti laju inflasi, suku bunga masih tetap mendukung.

Seperti halnya koreksi yang terjadi pada perdagangan akhir pekan ini karena ambil untuk saat kenaikkan ke level 2.900. Apalagi bursa regional dan eropa turun karena sentimen negatif kebijakan properti China dan sentimen kerugian sektor pertambangan di kawasan Eropa. [hid]

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s