1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

keyakinan yg TERLALU BERAT dan BERBAHAYA, ati2 seX : 210410 21 April 2010

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 10:01 pm

Modal Asing Rp 300 Triliun Tak Tertampung
Laporan wartawan KOMPAS Orin Basuki
Rabu, 21 April 2010 | 14:32 WIB

KOMPAS/RIZA FATHONI
… anjuran gw buat para deposan yang mengalihkan dananya ke saham dan coba2 maen online, ATI-ATI, JANGAN TARUH SEMUA DANA DI KERANJANG SAHAM dah … don’t put all your eggs into one basket only … SPREAD THE RISK, karena KALO EUFORIA BERLEBIHAN ITU BENER2 PERTANDA GELEMBUNK dah … jadi, sebagian beli VALAS dah, misalnya US$, Sg$, Au$, euro, yuan, yen, supaya ADEM TUKH niat berlebihan para PEMODAL UANK PANA$ DARI LUAR … beneran nekh … well, up2u lah yang punya doku elo kok 🙂
… kalo 300 T dikonversikan ke US$ itu berarti ada $10M dan bila terjadi secara mendadak KELUAR dalam waktu 1 minggu saja, maka Rp akan terjerembab, mungkin ke Rp. 11.000 lage dah … para EKSPORTIR INDON, WOW, SENENG BANGET, tapi itu lho PEMERINTAH PASTI GA BISA TIDUR NYENYAK GARA2 MESTI MENAMBAH SUBSIDI MACEM2, termasuk yang paling BESAR yaitu Bahan Bakar Minyak … dan so pasti, harga bbm pasti bergerak dahsyat naek donk, karena valas transaksi yang dipake adalah dalam US$ … up2u lah

JAKARTA, KOMPAS.com — Pada akhir tahun 2010 diperkirakan akan ada aliran modal asing sekitar Rp 300 triliun atau sekitar 30 miliar dollar AS yang tidak akan tertampung oleh pasokan instrumen investasi di pasar modal dan pasar keuangan Indonesia.

Ini dimungkinkan karena dunia sedang melirik Indonesia sebagai salah satu negara di Asia yang sangat menarik untuk penempatan modal investor karena menjanjikan keuntungan yang besar.
— Kahlil Rwoter

Ini dimungkinkan karena dunia sedang melirik Indonesia sebagai salah satu negara di Asia yang sangat menarik untuk penempatan modal investor karena menjanjikan keuntungan yang besar.

Pada awal tahun 2010, cadangan devisa sudah mencapai 60-63 miliar dollar AS, lalu naik menjadi 70 miliar dollar AS saat ini.
“Saya yakin, pada akhir tahun 2010, cadangan devisa bisa mencapai 100 miliar dollar AS. Artinya, akan ada aliran dana tambahan sekitar Rp 300 triliun yang masuk. Ini tidak akan tertampung di pasar modal dan keuangan Indonesia,” ungkap ekonom PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo), Kahlil Rwoter, Rabu (21/4/2010) di Jakarta, saat berbicara dalam “Media Update tentang Membedah Kinerja BUMN di Pasar Modal”.

Kahlil memperkirakan, seluruh penerbitan surat utang negara dari pemerintah, penawaran saham perdana dari perusahaan swasta, ataupun penawaran kedua saham swasta di Bursa Efek Indonesia (BEI) tidak akan sanggup menampung permintaan asing atas instrumen investasi yang datang dari luar negeri.
Atas dasar itu, baik perusahaan swasta maupun pemerintah masih mempunyai peluang sangat besar untuk menambah jumlah dan jenis instrumen investasi, mulai dari obligasi maupun saham.

“Katakan ada tambahan cadangan devisa 30 miliar dollar AS pada akhir tahun 2010. Jika 50 persennya itu masuk ke pasar modal pun, tidak akan mampu ditampung, karena permintaan yang begitu besar, sedangkan pasokan saham melalui IPO (penawaran saham perdana) atau secondary offering tidak memadai,” ujarnya.

Atas dasar itu, Indonesia adalah sasaran investasi yang sangat menarik dalam jangka panjang, tiga hingga delapan tahun ke depan. Ini dimungkinkan karena fundamental ekonomi yang sangat baik, terutama karena kinerja Indonesia yang mampu bertahan pada pertumbuhan ekonomi yang positif pada saat negara lain dilanda krisis keuangan tahun 2008 dan 2009.

“Dalam jangka panjang, Indonesia sangat menarik. Tapi dalam jangka panjang, sudah pasti akan ada fluktuasi di pasar modal, dan itu adalah hal yang sangat wajar,” ujar Kahlil.

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s