1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

kaitan Peristiwa dan pageviews : 021210 30 November 2010

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 5:18 am

ada 4 gejala atawa peristiwa besar yang berpengaruh terhadap pageviews blog ini … sila simak dari tabel statistik pageviews yang gw posting ini :

DPR Resmi Bentuk Panja Krakatau Steel
Oleh: Agustina Melani
Pasar Modal – Kamis, 2 Desember 2010 | 06:44 WIB

Menteri BUMN Sambut Positif Panja KS
Oleh: Agustina Melani
Pasar Modal – Kamis, 2 Desember 2010 | 06:55 WIB

INILAH.COM, Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Mustafa Abubakar berharap pembentukan panitia kerja (Panja) dapat memberikan penjelasan sedetil-detilnya mengenai penawaran umum saham perdana PT Krakatau Steel Tbk (KRAS).
“Sebetulnya Panja itu kesempatan memberikan penjelasan sedetil-detilnya,” ujar Mustafa, Rabu (1/12) malam sesuai Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR.
Dia menilai positif pembentukan Panja KS ini. Setiap pihak terlibat penawaran umum saham perdana KRAS mulai underwriter, emiten dan lainnya akan dipanggil sesuai kebutuhan. Dengan pembentukan panja ada pendalaman dengan mitranya. Mustafa juga mengharapkan Panja ini tidak berlangsung lama agar manajemen PT Krakatau Steel dapat bekerja.Selain itu, dengan polemik PT Krakatau Steel Tbk, Mustafa menuturkan komunikasi publik akan lebih diutamakan. “Komunikasi dan sosialisasi go public dan rights issue dijelaskan kepada DPR dan masyarakat,” tambah Mustafa. [cms]

INILAH.COM, Jakarta – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) resmi membentuk panitia kerja untuk memperdalam penyelidikan penawaran umum saham perdana PT Krakatau Steel Tbk (KRAS).
“Panja sudah resmi. Data-data yang diminta DPR belum dapat. Dengan panja kita memperoleh data dan analisa,” ujar Ketua Komisi VI Airlangga Hartarto, Rabu (1/12).
Ia menilai ada data yang diminta belum diberikan oleh pemerintah. Keterbukaan data ini mulai dari proses penjatahan saham, penetapan harga dan distribusi saham KRAS. Airlangga menambahkan Panja ini diharapkan dapat dilakukan minggu depan. “Segera dan minggu depan. Kita maunya kemarin,” ujar Airlangga.
Selain itu, pihaknya akan meminta penjelasan penasihat laporan keuangan Price Water House Cooper mengenai valuasi saham. Penilaian valuasi saham ini sebagai acuan untuk pembanding. Airlangga juga belum dapat memastikan, kapan waktu panja selesai. “Tergantung data. Kalau data tidak keluar mau bagaimana,” kata Airlangga.
Airlangga mengataka panja ini tertutup dan terbuka tergantung undang-undang pasar modal. [cms]

Komisi XI DPR RI belum bisa memutuskan apakah polemik pelepasan saham perdana PT Krakatau Steel Tbk akan ditindaklanjuti dengan pemeriksaan audit investigasi atau berujung kepada pembentukan Panitia Kerja (Panja) atau Panitia Khusus (Pansus).

Sumber : BISNIS.COM
Selasa, 30/11/2010 06:31 WIB
DPR Ancam IPO KS Jadi ‘Century Jilid II’
Wahyu Daniel – detikFinance

Jakarta – Komisi XI DPR meminta manajemen PT Krakatau Steel Tbk (KS) untuk memberikan penjelasan yang transparan dan seterbuka mungkin. Jika tidak, DPR mengancam membuat Pansus dan ini bisa menjadikan kasus IPO KS seperti kasus Century.

Demikian disampaikan oleh Anggota Komisi XI DPR Maruarar Sirait dalam rapat dengan Direksi KS beserta 3 penjamin emisi (underwriter) yaitu Danareksa, Bahana Securities, dan Mandiri Sekuritas di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (29/11/2010) malam.

“Anda tahu konsekuensinya kalau dibentuk Pansus. Itu situasinya politis dan sangat bergesekan dengan hukum. Jika dibentuk Pansus, kasus ini bisa jadi Century kedua,” ancam anggota DPR dari FPDIP ini.

Maruarar mempertanyakan pembentukan harga IPO KS Rp 850 per saham, padahal saat itu kondisi pasar saham sedang bullish.

Sebelumnya, dalam rapat yang sama, Direktur Utama KS Fazwar Bujang mengatakan, ekspektasi awal manajemen dan komisaris soal harga IPO KS adalah Rp 950-1.000 per lembar. Namun ternyata penjamin emisi dan pemerintah menentukan harga di kisaran Rp 800-1.150, dan akhirnya harga saham ditentukan Rp 850 per lembar.

KS melepaskan 3.155.000.000 saham baru ke publik dan mencatatkannya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 10 November 2010. Dengan harga Rp 850, maka total perolehan dana IPO sebesar Rp 2,681 triliun.

Dalam proses bookbuilding yang telah digelar dan berakhir pekan lalu, KS berhasil memperoleh pesanan hingga 30 miliar saham atau hampir 9 kali dari jumlah saham yang dilepas ke publik. Namun penetapan harga saham IPO Rp 850 itu dinilai sangat murah dan berpotensi merugikan negara. IPO KS ini juga menuai gugatan dari 13 ekonom.

(dnl/qom)

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s