1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

KRISIS itu KATA KUNCI bwat BELi 25 Juni 2011

Filed under: Investasi dan Risiko — bumi2009fans @ 9:06 am

gw mah ga terimbas oleh krisis, karena uda diversifikasi
malah faktanya dua krisis terbesar ekonomi indon dan global, gw MALAH BERLABA BESAR KARENA UDA INVES dengan BELI SAAT TERBAEK itu
sila baca posting gw ini : krisis SAAT BERLABA TERBAIK

Perekonomian Indonesia diyakini tetap akan melaju meskipun tetap dibayang-bayangi ketidakpastian kebijakan, hukum, dan politik karen investor sudah mengantisipasi berbagai risiko ini.

Silmy Karim, Staf Khusus Kepala BKPM, menilai daya tahan ekonomi Indonesia cukup baik dan semakin terbiasa dengan naik atau turunnya suhu politik. Karena itu, dia optimistis isu korupsi melibatkan elite partai tidak akan mengganggu stabilitas perekonomian.

“Selama aparat masih dapat mengendalikan keamanan, saya rasa tidak ada masalah. Faktor keamanan adalah kunci utama. Kalau cuma ramai di media tidak berpengaruh,“ ujar dia kepada Bisnis baru-baru ini.

Namun begitu, lanjut Silmy, perlu penyikapan serius dari pemerintah untuk bisa menciptakan iklim investasi yang lebih kondusif. Dia menekankan upaya untuk menjaga kesinambungan penegakan hukum, terutama yang terkait dengan pemberantasan korupsi.

“[Pemberantasan korupsi] itu yang malah sering ditanyakan investor. Kami selalu menjawab sudah di arah dan jalan yang benar.“

Riant Nugroho, pengamat Kebijakan Publik Institute for Policy Reform, menuturkan pertumbuhan ekonomi dari sudut pandang dan teori apa pun memerlukan stabilitas politik dan kepastian hukum.

Secara politik Indonesia dapat dinilai stabil, tetapi faktor kepastian hukum menjadi masalah penting.

“Perekonomian Indonesia tetap tumbuh pesat, bahkan diperkirakan tetap di kisaran 6%. Masalahnya, bagaimana kita memahami pertumbuhan ekonomi dalam relatif rendahnya kepastian hukum. Memang ada joke, bahwa ekonomi Indonesia berjalan malam hari, ketika pemerintah tidur,“ ujarnya.

Hal yang lebih mencemaskan sebenarnya adalah ketidakpastian kebijakan publik di sektor ekonomi yang pada gilirannya menjadi bagian dari ketidakpastian politik. Contohnya, berlarut-larutnya pembahasan RUU Otoritas Jasa Keuangan dan pelaksanaan amanat UU Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) oleh Badan Pelaksana Jaminan Sosial.

Untuk itu, lanjut dia, pemerintah disarankan mengimplementasikan dengan konsisten aturan-aturan hukum yang sudah ada. Selain itu, pemerintah dan DPR harus sigap dalam menetapkan berbagai regulasi penting yang memang layak untuk itu.

“Mulai dari kebijakan BBM bersubsidi, OJK, hingga SJSN. Keputusannya `bisa’ atau tidak. Menundanunda, sama dengan menambah masalah baru yang lebih besar,“ katanya.

Riant juga menyoroti pentingnya membangun pemerintahan yang berintegritas. “Sederhana, tetapi tidak menjadi sederhana jika para pemimpin pemerintahan tetap menjadi politisi, dan tidak mau menjadi negarawan.“

Sumber : BISNIS INDONESIA

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s