1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

INDONESIA2012, analisis (1) 24 November 2011

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 11:56 pm

2012 Sulit Diprediksi
Rani Hardjanti – Okezone
Kamis, 24 November 2011 15:42 wib

JAKARTA – Cuaca ekonomi di 2012 akan semakin gelap. Namun, risiko nyata yang akan dihadapi berbagai negara adalah pelemahan ekspor.

Asia Development Bank (ADB) mewaspadai adanya pelemahan ekspor global termasuk Indonesia, menyusul goncangan ekonomi di Eropa dan berimbas pada daya beli negara lainnya. Risiko ini akan mengancam pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun depan.

“2012 sulit untuk diproyeksi. Tahun ini nilai ekspor kita meningkat, bahkan mencetak angka rekor baru. Tapi akan sulit dilakukan tahun depan,” papar Senior Country Economist Asian Development Bank Edwin Ginting, kepada wartawan, di Jakarta, Kamis (24/11/2011).

Edwin menganalisis, pemerintah sudah berupaya mencari pasar ekspor baru di Afrika dan Amerika Latin, tapi akan sulit mengingat produk Indonesia masih relatif baru di pasar tersebut. “Kontribusi ekspor di dalam mendukung pertumbuhan ke depan bisa menurun,” imbuhnya.

Sementara, tahun depan risiko investasi juga masih akan terjadi. Dia memprediksikan, investasi di 2012 akan meningkat tetapi tidak akan sebaik di tahun ini.

“Akhir-akhir ini investor besar memang datang ke Indonesia. Tetapi realisasi project kan tidak bisa langsung,” pungkas dia. (rhs)

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s