1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

INDONESIA2012, analisis (4) 30 November 2011

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 2:46 pm

JAKARTA – Nilai transaksi perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) saat ini hanya mencapai Rp 2-2,5 triliun. Sebab, sebagian besar investor sudah melepas sahamnya untuk membeli obligasi Eropa.

”Nilai transaksi perdagangan saham biasanya mencapai kisaran Rp 4-5 triliun dan itu yang mendorong indeks harga saham gabungan (IHSG) bisa bergerak naik,” kata analis PT First Asia Capital, Ifan Kurniawan, di Jakarta, Rabu.

Ifan mengatakan, nilai transaksi yang kecil itu mengakibatkan indeks harga saham gabungan (IHSG) sulit untuk bergerak naik, bahkan cenderung melemah. “Meskipun demikian, kami optimistis indeks BEI akan kembali membaik apabila nilai transaksi itu menguat seperti sebelumnya,” katanya.

Faktor utama yang bisa mendorong indeks menguat, menurut dia adalah jika krisis utang di Eropa dan Amerika Serikat dapat diatasi lebih cepat. “Apalagi para menteri keuangan Eropa pada pertemuan itu meminta negara-negara Uni Eropa segera mencairkan dana talangan yang akan diberikan kepada negara-negara di kawasan Eropa,” ucapnya seperti dilansir Antara.

Kondisi pasar yang saat ini membaik, menurut dia, akan terus terjadi yang akan mendorong indeks pada akhir tahun akan dapat berkisar antara 3.900-4.000 poin. “Waktu yang hanya tinggal tiga minggu kemungkinan dapat mendorong indeks berkisar antara 3.900-4.000 poin,” ucapnya.

Apalagi Indonesia optimis akan dapat meraih peringkat “investment grade” yang akan mendorong pelaku asing aktif menempatkan dananya di pasar domestik. Faktor fundamental ekonomi Indonesia yang makin membaik, lanjut dia, juga merupakan salah satu pendorong bagi asing untuk kembali ke pasar domestik. (tk)

http://www.investor.co.id/marketandcorporatenews/nilai-transaksi-saham-relatif-kecil/25356

Sumber : INVESTOR DAILY

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s