1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

indonesia2012, anAlisis (5) 3 Desember 2011

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 9:22 pm

Menkeu: Pemerintah Siap Hadapi Kondisi Ekonomi 2012
Tribunnews.com – Sabtu, 3 Desember 2011 08:04 WIB

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Andri Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Keuangan Agus Martowardojo memprediksi ketahanan ekonomi Indonesia, khususnya sektor keuangan tahun depan masih kuat.

Namun, tegasnya, tetap perlu diantisipasi kondisi global ekonomi yang bisa berdampak pada Indonesia, yakni krisis Eropa dan Amerika.

“Kita di pemerintah terus melakukan kajian, persiapan, dan antar-kementerian. Bahkan sudah lebih dari koordinasi di tingkat Menko, sudah sampai koordinasi di tingkat presiden dan di sidang paripurna, untuk kita mempersiapkan diri untuk jika kondisi global yang buruk itu berdampak kepada indonesia, ungkap Agus Marto, di Jakarta, Jumat (2/12/2011).

“Tetapi kalau anggaran kita sendiri yang perlu kita waspadai adalah harga minyak dan lifting minyak. Tetapi secara umum APBN kita di 2012 itu baik, memadai. Dan di dalam APBN kita itu karena prosesnya memang sejak Mei, kita sudah memperhitungkan perkembangan yang terjadi di bulan September-Oktober ini, yaitu krisis yang lebih buruk di Eropa.”

Sehingga, menurutnya, di dalam APBN sudah disepakati pemerintah dengan DPR untuk memasukkan pasal-pasal yang merupakan pasal antisipasi kalau terjadi krisis.

“Jadi kalau terjadi krisis bagaimana kita akan merespons. Dan juga kalau tidak terjadi krisis, tetapi terjadi kondisi perkembangan ekonomi yang berbeda jauh dari asumsinya, kita juga bisa melakukan APBN perubahan,” ia menegaskan.

“Dalam banyak hal, kita melihat pengalaman kita di 2008/2009 masih relevan dengan kondisi kita sekarang. Yaitu suatu kondisi krisis bisa datang dengan sangat tiba-tiba, ataupun krisis itu bisa datang dengan bertahap. Hal ini yang sudah kita lakukan antisipasinya. Tetapi secara inti kalau krisis itu terjadi, kalau kita dengan semua cadangan risiko yang sudah kita siapkan, itu ternyata memerlukan reaksi yang lebih besar, kita akan lakukan perubahan APBN. Dan kita akan lakukan lebih awal dari yang biasanya kita lakukan.”

Krisis di pasar modal bagaimana?

Menkeu menyatakan kondisi pasar modal tidak bisa dilihat perkembangan dari minggu ke minggu atau bulan ke bulan. Tapi kalau dibandingkan dengan posisi akhir tahun, maka kondisi pasar modal masih di dalam kondisi yang normal.

“Yang biasa kita lihat adalah bagaimana BI kelola exchange ratenya dan bagaimana pasar modal kondisinya dibandingkan dengan awal tahun.”

Jadi, lanjut mantan Dirut Bank Mandiri ini, pemerintah sudah selama 2 bulan ini mempersiapkan diri kalau kondisi global yang memburuk. Pemerintah telah membuat segala skenario dampak krisis ekonomi global kepada Indonesia, dan respon apa yang akan diambil.

“Tetapi juga yang jangka menengah dan yang lebih panjang,” ia mengulas

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s