1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

indonesia2012, analisis (19) 1 Januari 2012

Filed under: Investasi dan Risiko — bumi2009fans @ 12:55 pm

Inilah Harapan Pelaku Pasar Modal pada 2012

Oleh: Agustina Melani
Pasar Modal – Sabtu, 31 Desember 2011 | 11:05 WIB

INILAH.COM, Jakarta – Memasuki tahun 2012, sejumlah harapan pun dipanjatkan untuk kemajuan industri pasar modal di Indonesia. Sejumlah pelaku pasar modal mengharapkan jumlah investor dan emiten berkualitas dapat ditingkatkan pada tahun 2012.

Direktur Pengawasan Bursa Efek Indonesia (BEI) Urip Budhiprasetyo mengharapkan, integritas pasar modal semakin meningkat pada 2012. Dengan integritas pasar modal yang meningkat diharapkan transaksi di pasar modal menjadi transaksi wajar, aman, dan nyaman bagi investor pasar modal. Selain itu, jumlah emiten dan investor yang berkualitas diharapkan meningkat pada 2012.”Seharusnya bukan meningkatkan kuantitas saja tetapi juga kualitas. Jadi investor diharapkan dapat memiliki pemahaman baik berinvestasi di pasar modal,” tutur Urip saat ditemui di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), akhir pekan ini.

Kepatuhan pelaku pasar modal pun diharapkan meningkatkan pada tahun depan. Sementara itu, Direktur Utama PT Financorpindo Nusa Edwin Sinaga menuturkan, jumlah investor domestik berkualitas dapat meningkat pesat pada 2012. Hal ini mengingat jumlah penduduk Indonesia sekitar 240 juta orang sebagai potensi besar untuk berinvestasi di pasar modal. “Pemain lokal khususnya investor domestik diharapkan meningkat di pasar modal sehingga pasar modal Indonesia menjadi tuan di negerinya sendiri. Kita jangan kecolongan seperti sektor perbankan di mana asing menguasai kepemilikan saham perbankan di Indonesia karena krisis 1997/1998,” kata Edwin.

Terkait target Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada 2012, Edwin memperkirakan IHSG akan berada di level 4.400-4.500. Sentimen krisis utang zona Euro masih akan mempengaruhi bursa saham Indonesia pada tahun depan. Sektor saham yang masih menarik pada 2012 antara lain saham sektor perbankan, infrastruktur, dan komoditas. “Target indeks saham 4.400-4.500 diperkirakan pada semester kedua 2011. Investor masih wait and see dengan kondisi Eropa, dan bagaimana dampaknya terhadap Asia,” tutur Edwin.
2012, IHSG Bisa Capai Level 4.000
Jumat, 30 Desember 2011 | 13:28
investor daily

JAKARTA – Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada kuartal pertama 2012 akan dapat mencapai angka 4.000 sampai 4.100 poin, setelah pemerintah mendapat predikat investment grade (layak investasi) dari Fitch Rating.

Apabila lembaga pemeringkat lainnya yaitu Standard & Poor’s dan Moody’s juga juga memberikan predikat tersebut pada awal 2012, maka ekonomi Indonesia akan makin tumbuh dengan lebih baik, kata Pengamat pasar Edwin Sinaga di Jakarta, Jumat.

Edwin Sinaga yang juga analis PT First Asia Capital, mengatakan, S&P dan Moody’s pada awal 2012 diperkirakan akan juga memberikan predikat layak investasi bagi Indonesia yang sebelumnya diberikan oleh Lembaga Pemeringkat Internasional, Fitch.

Kondisi ini akan mendorong investor asing akan lebih aktif menempatkan dananya di dalam negeri sehingga memberikan lapangan kerja baru, katanya.

Menurut Edwin Sinaga, Bursa Efek Indonesia (BEI) akan semakin ramai diminati pelaku pasar khususnya asing yang makin yakin bahwa Indonesia masih memberikan imbal hasil yang lebih besar ketimbang pasar Asia lainnya.

Aksi beli saham yang makin besar akan mendorong volume transaksi saham meningkat sehingga mendorong indeks BEI naik mencapai yang diperkirakan pasar, katanya.

Membaiknya ekonomi AS, lanjut dia merupakan faktor yang mendukung pergerakan pasar saham di dalam negeri yang disusul secara perlahan-lahan membaiknya krisis utang di Eropa, setelah Bank Sentral Eropa melakukan berbagai pertemuan untuk mengatasi krisis tersebut.

“Kami optimistis upaya yang dilakukan oleh negara-negara Uni Eropa itu sudah betul hanya tinggal pelaksanaannya saja,” katanya.

Sementara itu, Analis PT First Asia Capital, David Nathanael optimistis, indeks pada kuartal pertama 2012 akan dapat mencapai angka 4.200 poin. “Karena predikat investment grade memberikan dukungan bagi investor asing untuk lebih aktif bermain di pasar domestik,” katanya.

Namun kenaikan indeks itu, lanjut dia akan dihambat oleh krisis utang di Eropa, karena Uni Eropa masih belum merealisasikan pemberian dana kepada negara-negara yang terkena krisis utang tersebut. “Apabila krisis utang Eropa dapat diatasi dengan cepat maka indeks BEI pada akhir tahun ini akan dapat mencapai 4.500 poin,” ucapnya.

Indeks BEI saat ini mencapai 3.817 poin naik 0,23 persen atau delapan poin lebih, karena aksi window dressing (mempercantik harga saham menjelang penutupan buku). “Aksi window dressing oleh fund manager diperkirakan berlanjut hingga penutupan pasar nanti sehingga indeks akan dapat berkisar antara 3.830 sampai 3.850 poin,” ucapnya. (tk/ant)

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s