1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

lindung nilai B1$4 gagaL bo … 140512 14 Mei 2012

Filed under: Investasi dan Risiko — bumi2009fans @ 9:04 pm

Inilah Dalang di Balik Kerugian JPMorgan

Oleh: Charles MS
pasarmodal – Senin, 14 Mei 2012 | 20:19 WIB

INILAH.COM, Jakarta – JPMorgan Chase kehilangan setidaknya US$2 miliar dalam kegagalan strategi lindung nilai gagal tidak hanya disebabkan kecerobohan, tapi karena itu tumbuh terlalu besar di pasar yang membuatnya lebih kompleks dari instrumen keuangan kompleks yang telah dibuat.

Strategi melibatkan credit default swap, semacam derivatif yang terjadi di tengah-tengah krisis keuangan 2008. Swap awalnya digunakan untuk lindung nilai eksposur bank untuk investasi lain miliknya dan termasuk kontrak yang terikat ke investment grade North American dan junk obligasi korporasi, seperti obligasi di Eropa dan Asia.

JPMorgan membantu menciptakan pasar untuk seperti swap, dikenal sebagai posisi ‘sintetis’ karena risiko perdagangannya tanpa perdagangan obligasi sebenarnya. Menurut pedagang di pasar dan ahli derivatif seperti dikutip dari laman CNBC.com, ada dua hal yang membuat posisi tertentu tidak dapat dipertahankan dan mahal untuk JPMorgan.

Pertama, akibat pasar obligasi bergeser dan dipaksa JPMorgan untuk menyetel kembali dengan hedging, bank melakukan swap on top of swap, struktur ysng rumit dan meningkatkan risiko bahwa hedging akan gagal untuk mengimbangi kerugian dari satu swap dengan keuntungan dari yang lain. Kedua, posisi ukuran swap menjadi lebih dari perdagangan pasar yang kecil yang dapat dikelola dengan mudah. Kurangnya likuiditas berarti pintu keluar terlalu kecil bagi JPMorgan untuk masuk dengan cepat setelah perdagangan mulai memburuk.

Membuat keadaan menjadi lebih buruk, karena JPMorgan menjadi terlalu dominan di pasar, yang menjadi jelas untuk hedge fund dan entitas lain perdagangan itu terisolasi dan pada risiko, kesempatan penyediaan bagi mereka yang bisa melakukan perdagangan dengan berhasil terhadap posisi bank. Kompleksitas perdagangan yang membuat bank sulit dan tetap di atas risiko akibat posisinya yang memburuk.

Jamie Dimon, CEO JPMorgan, telah mengakui eksekusi yang ceroboh dan pengawasan dari perdagangan. Dan dia mengatakan itu bisa membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa berada pada posisi yang tenang. Ia menolak untuk memberikan rincian tentang bagaimana posisi menjadi tidak likuid, tetapi dia mengatakan bank bisa kehilangan US$1 miliar atau lebih sebelum perusahaan bisa memiliki kata bank bisa kehilangan lain $1 miliar atau lebih sebelum perusahaan bisa keluar dari perdagangan. Persaingan para trader bisa memaksa JPMorgan untuk membayar lebih untuk keluar dari perdagangan, sekarang bahwa banyak mengetahui rincian posisi bank.

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s