1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

rekening investor, LAGE 18 Juni 2012

Filed under: Investasi dan Risiko — bumi2009fans @ 7:37 am

Peraturan Bapepam No.III.C.7
Bapepam Revisi Aturan Sub Rekening Efek

Oleh: Agustina Melani
pasarmodal – Minggu, 17 Juni 2012 | 11:15 WIB

INILAH.COM, Jakarta – Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) menerbitkan revisi peraturan Nomor III.C.7 mengenai sub rekening efek pada lembaga penyimpanan dan penyelesaian.

Revisi peraturan tersebut untuk meningkatkan perlindungan bai investor selaku pemegang rekening efek pada kustodian, implementasi master plan pasar modal dan industri keuangan non bank 2010-2012 yang mencanangkan pembuatan nomor tunggal identitas pemodal bagi semua nasabah di pasar modal termasuk nasabah scriptless yang ada di perusahaan efek dan bank kustodian, pemodal efek dengan warkat yang diadministrasikan oleh biro administrasi efek atau emiten.

Dalam revisi peraturan tersebut diatur ketentuan peralihan agar perusahaan efek (PE) dan bank kustodian (BK) wajib melakukan penyesuaian dengan ketentuan dalam Peraturan Nomor III.C.7 tersebut termasuk tetapi tidak terbatas untuk memperbaharui kontrak pembukaan rekening efek nasabah yang telah ada paling lambat 31 Desember 2012. Perusahaan efek dan bank kustodian melaporkan perkembangannya kepada Bapepam-LK pada 30 September 2012 dan 31 Desember 2012. Selain itu, PE wajib membuat single investor id untuk nasabah, bagi nasabah yang telah ada paling lambat pada 31 Juli 2012. Demikian seperti dikutip dari siaran pers Bapepam-LK, Minggu (17/6/2012).

Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian (LPP) wajib menyesuaikan kontrak pembukaan rekening efek partisipan pada LPP paling lambat 31 Agustus 2012. Ada beberapa ketentuan yang diatur dalam revisi peraturan ini antara lain menyempurnakan ketentuan yang mewajibkan LPP meliputi PE dan BK untuk membuatkan single investor id (SID) bagi nasabahnya yang belum memiliki dan wajib menyampaikannya kepada nasabah yang bersangkutan. Dengan penyempurnaan ini LPP sebagai pihak yang melaksanakan pembuatan SID. Hal ini diperlukan untuk memberikan landasan hukum bagi LPP sebagai lembaga yang berwenang memberikan SID dalam penitipan kolektif di Indonesia.

Selain itu, penyempurnaan ketentuan terkait kewajiban penyampaian data oleh partisipan kepada LPP untuk pembukaan sub rekening efek dan SID, standar kontrak antara partisipan dengan nasabahnya dengan mewajibkan pencantuman klausul pemberian kuasa oleh nasabah kepada partisipan untuk membuka sub rekening efek dan pembuatan SID dan penyempurnaan ketentuan terkait pembukaan sub rekening efek yang dapat digunakan untuk penempatan jaminan setiap nasabah.

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s