1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

transaksi TERAFILIASI, dan saham pengenDali … 090812 9 Agustus 2012

Filed under: Investasi dan Risiko — bumi2009fans @ 1:06 am

Inilah Kiat BEI Telusuri Transaksi Terafiliasi

Oleh: Agustina Melani
pasarmodal – Rabu, 8 Agustus 2012 | 16:03 WIB

INILAH.COM, Jakarta – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan, keterbukaan informasi mengenai pengungkapan identitas pemegang saham utama emiten dalam revisi aturan X.K.6 mengenai laporan tahunan emiten dan perusahaan publik dapat mempermudah mengecek transaksi afiliasi.

“Ini bagus karena dapat mempermudah pengecekan transaksi afiliasi,” ujar Direktur Penilaian Perusahaan BEI, Hoesen, di Gedung Bapepam-LK, Selasa (7/8/2012).

Lebih lanjut ia mengatakan, memang bila pengungkapan identitas pemegang saham hingga detail sulit untuk dilakukan. Sehingga pengungkapan identitas pemegang saham pengendali saja sudah cukup. “Kalau detail semua bagaimana caranya. Paling pengendali saham saja,” kata Hoesen.

Bapepam-LK telah merevisi peraturan Bapepam-LK Nomor X.K.6 pada 1 Agustus 2012. Revisi tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas keterbukaan informasi dalam laporan tahunan emiten.

Sebelumnya pada draft revisi peraturan X.K.6 tersebut, Bapepam-LK meminta emiten dan perusahaan publik untuk menungkapkan identitas pemilik manfaat akhir (ultimate beneficial owner/UBO) dari pemegang saham instusi emiten. Namun pengungkapan identitas pemegang saham saham hingga detail tersebut sulit dilakukan.

Kepala Biro Standar Akuntansi dan Keterbukaan Informasi Bapepam-LK Etty Retno Wulandari menuturkan, perubahan dalam pengungkapan UBO tersebut setelah mendapat banyak masukan dari pelaku pasar. Selain itu, pengungkapan pemegang saham utama dan pengendali perusahaan tersebut dicantumkan dalam bentuk skema atau diagram. [hid]

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s