1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

penipuan INVESTASI tingkat TINGGI : 040113 5 Januari 2013

Filed under: Investasi dan Risiko — bumi2009fans @ 12:15 am

SENGKETA RATING: Moody`s, S&P, Fitch Digugat Soal Penipuan

Newswire

Jum’at, 04 Januari 2013 | 22:21 WIB

bisnis indonesia
NEW YORK–Seorang hakim memutuskan Moody’s Corp, Standard & Poor’s dan Fitch Inc tetap harus menghadapi gugatan investor yang mengajukan klaim bahwa para pembuat peringkat investasi itu terlibat dalam penipuan.

Klaim penipuan dalam gugatan itu berkaitan dengan peringkat yang mereka berikan atas produk investasi terstruktur yang disebut Rhinebridge yang hancur pada 2007.

Hakim Distrik AS di Manhattan, Shira Scheindlin, juga menolak upaya Morgan Stanley, yang membantu mengatur investasi, untuk dikeluarkan dari tuntutan bahwa mereka membantu dan bersekongkokol dalam penipuan. Scheindlin yang telah menyempitkan gugatan, menolak klaim lainnya.

Banyak dari keputusan Scheindlin, yang dikeluarkan Kamis (3/1), mirip dengan yang ia buat tahun lalu dalam kasus Morgan Stanley terkait kendaraan investasi terstruktur “Cheyne.”

Dalam kedua kasus, Scheindlin mengatakan pemberi layanan peringkat dapat dianggap bertanggung jawab jika mereka membuat kekeliruan pendapat tentang investasi dan jika peringkat itu ternyata palsu atau menyesatkan. Fitch Inc tidak digugat dalam kasus Cheyne itu.

“Penggugat harus memberikan bukti bahwa lembaga pemeringkat mengeluarkan peringkat yang diketahui bahwa hal itu tidak didukung oleh fakta atau analisis– bahwa lembaga pemeringkat melakukan itu setara dengan mengeluarkan review restoran meskipun tidak pernah memiliki makanan di restoran,” tulis Scheindlin dalam pendapat yang dikutip Bloomberg.

Mary Claire Delaney, juru bicara Morgan Stanley yang berbasis di New York, menolak untuk mengomentari putusan itu. Ed Sweeney, juru bicara Standard & Poor `s, belum menjawab pesan lewat telepon yang meminta komentarnya.

“Kami yakin bahwa Moody akhirnya akan menang atas klaim dalam litigasi ini,” kata Michael Adler, juru bicara perusahaan. Adler mengatakan peringkat Rhinebridge mewakili pandangan yang jujur berdasar masukan dari analis.

“Kami tidak setuju dengan keputusan pengadilan dan kami akan terus maju dengan penuh semangat membela diri terhadap tuduhan ini,” kata Dan Noonan, juru bicara Fitch, dalam sebuah e-mail. (Bloomberg/mtb/Bsi)

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s