1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

buktikan: rupiah menguat dilematis, melemah dilematis, GANTI NAMA… 27 Mei 2014

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 1:02 am

RAPBN 2015 uda diserahkan kepada DPR oleh pemerintah: asumsi kurs RUPIAH @11.500-12.000 per dolar amrik … berarti naek dari 2014 @ Rp10.500 per dolar … lho kok malah melemah …. well, ada apa ya … bole baca2 juga soal rupiah di link ini :RUPIAH GONJANG GANJING, uda biasaaaaa

Senin, 11/05/2009 11:13 WIB

Menakar derajat keperkasaan rupiah

oleh : Nana Oktavia Musliana

… JADI RUPIAkh aja dah … he3…

Performa rupiah sepanjang sepekan lalu memang cukup luar biasa. ‘Amazing’, begitulah kira-kira pujian yang pas untuk mengomentari kinerja rupiah yang kinclong.

Mata uang domestik itu menunjukkan keperkasaannya pekan lalu setelah pada April dinobatkan sebagai mata uang berkinerja paling baik di antara 10 mata uang Asia yang paling aktif ditransaksikan.

Tanda-tanda penguatan rupiah mulai terasa sejak akhir April ketika berhasil menembus Rp10.500 per dolar AS menyusul laporan Badan Pusat Statistik (BPS) terkait dengan laju inflasi tahunan.

Pada saat itu, BPS melaporkan angka inflasi turun dari 7,92% pada Maret menjadi 7,31% pada April, sehingga meniupkan angin segar bagi pasar apalagi didukung data surplus neraca perdagangan yang mencapai US$2,01 miliar.

Sentimen positif pasar di tengah kenaikan indeks harga saham gabungan (IHSG) juga membuka jalan bagi rupiah untuk memperpanjang masa penguatannya.

Pada perdagangan Senin, 4 Mei 2009, setelah ditutup melemah di posisi Rp10.610 per dolar AS pada Jumat, 1 Mei 2009, rupiah kembali unjuk gigi ke level Rp10.500 per dolar AS.

Bahkan pada perdagangan Kamis, Bloomberg sempat mencatat nilai tukar rupiah menembus level Rp10.318 per dolar AS. Namun, akankah penguatan rupiah bisa berkelanjutan?

Ekonomi sehat

Sejauh ini banyak pengamat yang masih berpandangan positif terhadap performa mata uang Indonesia itu. Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan perekonomian Indonesia masih bisa tumbuh, sedangkan sejumlah negara tetangga seperti Thailand diprediksi akan mengalami kontraksi.

Proyeksi itu semakin mengukuhkan Indonesia sebagai salah satu negara dengan perekonomian yang cukup sehat. Rupiah juga mendapat dukungan dari pelaksanaan pemilu legislatif yang berlangsung damai.

Selain itu, dolar AS yang masih kehilangan pengaruh terhadap beberapa mata uang utama di dunia juga memberi kekuatan bagi rupiah untuk melanjutkan penguatannya.

Namun, rupiah seperti kehilangan ‘vitamin penguatnya’ pada Jumat pekan lalu. Pergerakan IHSG yang mulai ‘ragu-ragu’ berimbas kepada rupiah.

“Yang mendukung rupiah itu adalah semangat risk appetite,” ujar Rosady T.A. Montol, pengamat pasar uang, ketika dimintai komentarnya terhadap pergerakan rupiah yang mulai melemah.

Pasar yang sedang percaya diri itu sepertinya yakin bahwa rally di pasar saham ‘tidak ada matinya’. Rosady bahkan optimistis peluang bagi rupiah menguat ke level Rp10.000 per dolar AS terbuka lebar. Optimisme itu berkaitan dengan ekspektasi pasar terhadap kehadiran Bank Indonesia yang akan mengawal ketat rupiah di pasar.

Meski demikian, upaya Jakarta untuk menjaga neraca perdagangan agar tetap stabil membayang-bayangi potensi penguatan nilai tukar rupiah. Pemerintah kemungkinan tidak akan membiarkan rupiah menguat terlalu tajam karena membawa ketidak seimbangkan dalam neraca perdagangan.

Nilai tukar rupiah yang terlalu mahal menyebabkan nilai komoditas ekspor Indonesia lebih mahal, sehingga dikhawatirkan mengganggu neraca perdagangan.

Rupiah juga menghadapi tantangan lain di antaranya berasal dari kenaikan permintaan dolar AS oleh sektor korporasi untuk membayar kewajiban luar negeri yang akan jatuh tempo. Kurs rupiah yang cukup murah saat ini juga dapat menjadi faktor pemicu aksi beli dolar.

“Pekan ini rupiah diperkirakan bisa bertahan di level sekarang, tetapi yang perlu diwaspadai adalah aksi profit taking,” tutur Rosady.

Jadi siap berburu dolar atau mau tetap pegang rupiah? (nana.oktavia@bisnis.co.id)

bisnis.com

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s