1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

B0B0, nee yee (2) 4 Mei 2016

Filed under: Investasi dan Risiko,Investasi Umum — bumi2009fans @ 7:10 am

JAKARTA okezone – Bursa Efek Indonesia (BEI) memperkirakan ada 50-an saham tidur atau yang sudah cukup lama nilai sahamnya tidak bergerak. Hal ini terjadi karena pihak emiten sendiri tidak melakukan aksi korporasi.

Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio mengatakan, pihaknya akan mengundang semua emiten yang memiliki saham tidur tersebut. Hal ini dilakukan layaknya peraturan sebagaimana yang diterapkan di luar negeri.

Adapun aturannya, jika nilai saham berada di bawah biasanya, maka akan diminta menunjuk market maker. Dalam hal ini, broker harus lebih dulu diperkuat modal kerjanya.

“Bursa akan mengundang mereka semua seperti peraturan luar negeri, jika jumlah sama di bawah biasanya diminta menunjuk market maker. Tapi untuk menunjuk market maker, brokernya mesti diperkuat dulu modalnya. Nah ini lagi kerja semua,” ujarnya di Gedung BEI, Jakarta, Selasa (3/5/2016) malam.

Akan tetapi, kategori saham tidur itu tidak hanya yang berada di kisaran nilai Rp50 per saham, namun juga ada dua kriteria lainnya, tidak aktif karena enggan dijual dan ada juga yang memang tidak aktif karena tidak adanya permintaan.

“Tapi yang tidur itu tidak hanya yang 50 perak. Tiap hari yang bertransaksi itu sekitar 357-400 perusahaan. Memang yang tidak aktif sekitar 100 lebih perusahaan,” jelasnya.

Bila aturan market marker dan broker sudah siap, maka pihaknya akan memanggil perusahaan-perusahaan yang memiliki saham tidur tersebut.

“Kalau bursa sudah siap dengan aturan market maker, dengan kesiapan broker,” pungkasnya.

(rzy)

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s