1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

3 atawa 5 FRAK$1 neh … 090812_250516 25 Mei 2016

Filed under: Investasi dan Risiko — bumi2009fans @ 1:20 am

doraemon

Diberlakukannya aturan baru fraksi harga saham awal Mei lalu, kembali diyakinkan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) bakal meningkatkan rata-rata frekuensi perdagangan harian di pasar modal. Meskipun dampak tersebut tidak bisa dirasakan secara langsung.

”Saat ini frekuensi perdagangan sudah naik sekitar 5 persen lebih sejak penerapan fraksi harga saham yang baru. Target kami, rata-rata frekuensi perdagangan mencapai 250.000 kali transaksi pada tahun 2016 ini,” kata Direktur Utama BEI, Tito Sulistio di Jakarta.

Menurut dia, fraksi harga saham merupakan komponen struktur mikro pasar modal yang memiliki peranan penting dalam meningkatkan likuiditas saham. Perubahan fraksi harga yang baru diharapkan dapat mendukung target-target regulator pasar modal Indonesia tahun 2016 ini.

Dia mengemukakan, saat ini rata-rata frekuensi perdagangan efek di BEI mencapai 235.000-240.000 kali transaksi, naik dibandingkan pada tahun 2015 lalu 220.000 kali transaksi. Diharapkan, kenaikan frekuensi perdagangan itu juga diiringi dengan kenaikan harga saham sehingga berdampak positif pada nilai kapitaliasi pasar modal Indonesia.

Melalui Surat Keputusan Direksi BEI nomor Kep-00023/BEI/04- 2016, BEI memberlakukan lima satuan fraksi harga dari sebelumnya tiga satuan fraksi harga. Saat ini, BEI menerapkan fraksi harga saham sebanyak lima kelompok, pertama, harga saham di bawah Rp200 memiliki fraksi harga Rp1. Kelompok kedua, harga saham Rp200-Rp500 dengan fraksi harga Rp2.

Lalu, kelompok ketiga, harga saham Rp500-Rp2.000 memiliki fraksi harga Rp5. Kelompok keempat, harga saham Rp2.000-Rp5.000 memiliki fraksi harga Rp10. Dan kelompok kelima, harga saham di atas Rp5.000 memiliki fraksi harga Rp25.

Sebelumnya, Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI, Alpino Kianjaya mengharapkan bahwa perubahan fraksi harga saham itu dapat meningkatkan aktivitas serta nilai transaksi di pasar modal domestik. Selain itu, juga mengakomodasi investor yang berorientasi short term trader.

“Bursa musti akomodasi dua pihak, yakni investor ritel yang cenderung short term dan intitusi yang long term. Saya yakin perubahan fraksi ini akan menarik bagi investor sehingga mendorong investor aktif bertransaksi dan berani mengambil posisi,” ujarnya.

http://economy.okezone.com/read/2016/05/25/278/1397425/aturan-baru-fraksi-saham-bikin-frekuensi-perdagangan-tumbuh-5
Sumber : OKEZONE.COM

big-dancing-banana-smiley-emoticon

bisnis.com: Seorang investor ritel, Winarto, girang bukan kepalang ketika fraksi harga saham yang baru akhirnya berlaku juga, mulai 2 Mei 2016. Pasalnya, lewat fraksi harga baru yang kembali mencakup lima kelompok ini, potensinya untuk meraup untung menjadi lebih besar ketimbang fraksi harga lama yang hanya mencakup tiga kelompok.

“Ini lebih menarik dari fraksi harga sebelumnya. Saham yang nilainya kecil berpotensi untuk dapat untung lebih besar,” ungkapnya Winarto, Minggu (1/5).

Berlakunya fraksi harga lima kelompok mengakhiri eksistensi fraksi harga tiga kelompok yang berjalan tidak sampai tiga tahun, tepatnya sejak Januari 2014 hingga April 2016.

Selain memiliki saham-saham berkapitalisasi pasar besar (big caps), Winarto mengoleksi saham-saham yang harganya di bawah Rp500 per saham. Maka dari itu, dia sangat antusias untuk bertransaksi setelah fraksi harga saham yang baru diimplementasikan.

Perhitungannya, jika dia bertransaksi saham senilai Rp400, fraksi harga yang didapatnya Rp2, sedangkan jika mengacu fraksi harga lama Winarto cuma dapat tick size Rp1. “Saya punya saham-saham yang spekulatif, yang harganya rendah. Kalau lagi naik, naiknya gila-gilaan dalam persentase,” jelasnya Winarto yang lagi menggandrungi saham konstruksi, properti, dan perbankan itu.

Selain lebih mudah mendapat untung dari fraksi harga baru, fraksi harga baru yang kembali ke lima kelompok dinilai Winarto lebih adil bagi investor ritel seperti dirinya itu. “Coba kalau pakai fraksi harga lama lima kelompok sebelum fraksi harga tiga kelompok, memang lebih bisa dapat untung, tapi sangat spekulatif. Kalau harga saham Rp199, banyak yang pasang, begitu naik di atas itu langsung dapat besar,” ucapnya.

Pada fraksi harga saham yang berlaku hingga akhir 2013, perbedaan fraksi harga di antara kelompok harga saham terpaut jauh. Misal, kelompok harga kurang dari Rp200 memiliki fraksi harga Rp1, sedangkan pada kelompok harga Rp200 sampai kurang dari Rp500 punya fraksi harga Rp5.

 

DONGKRAK LIKUIDITAS

Dalam keterangan resminya, akhir pekan lalu, Direktur Utama BEI Tito Sulistio mengatakan BEI perlu melakukan penyesuaian atas fraksi harga karena untuk meningkatkan likuiditas dan kapitalisasi pasar serta untuk meningkatkan daya saing Bursa. Fraksi harga merupakan komponen struktur mikro pasar yang memiliki peranan penting dalam meningkatkan likuiditas saham

Wacana perubahan fraksi harga untuk kembali ke lima kelompok sudah mencuat sejak Juni 2015, dipicu oleh aspirasi para anggota bursa lewat Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia (APEI). Sejumlah broker mengeluh fraksi harga tiga kelompok membuat transaksi perdagangan sepi.

Ketika direksi Bursa Efek Indonesia (BEI) di bawah pimpinan Tito Sulistio efektif bertugas sejak Oktober 2015, diskusi perubahan fraksi harga berlanjut. Sampai dengan rencana itu dibawa BEI ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan akhirnya disetujui OJK.

Sejumlah perusahaan sekuritas yang Bisnis wawancarai pada medio April silam sepakat ketentuan fraksi harga baru dapat mendongkrak likuiditas perdagangan saham, setidaknya frekuensi perdagangan.

Menariknya lagi, ketentuan anyar ini diklaim tidak merugikan pihak mana pun. Menurut Komite Ketua Umum APEI Wientoro Prasetyo, fraksi harga baru mengakomodasi daily trader, tetapi tidak merugikan investor institusi yang suka berinvestasi jangka panjang.

Alpino Kianjaya, Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa Efek Indonesia, mengatakan aktivitas perdagangan saham di BEI bakal meningkat setelah fraksi harga baru diterapkan. Setidaknya dalam waktu enam bulan, efeknya bakal terlihat. Frekuensi, volume, dan nilai transaksi diprediksi membesar, likuiditas perdagangan kian menarik.

“Tujuan perubahan fraksi sesuai dengan para pelaku, investor. Kami lihat investor nyaman transaksi di level berapa. Kami mengakomodasi kebutuhan short term trader dan investor ritel,” kata Alpino, Rabu (20/4).

Efek langsung kemungkinan terlihat dari peningkatan frekuensi. Analis PT Minna Padi Investama Tbk. Christian Saortua mengestimasi imbas positif pertama yang bakal jelas terlihat setelah fraksi harga berlaku yakni penaikan frekuensi perdagangan. Peningkatan frekuensi besar terjadi karena investor semakin tertarik bertransaksi saham akibat kelompok harga saat ini lebih sempit dari kelompok harga di ketentuan sebelumnya.

“Saya lihat saham yang harganya mepet ke kelompok harga di atasnya cenderung digerakkan untuk masuk ke kelompok harga dengan tick size yang lebih tinggi. Jadi, beberapa emiten berpotensi masuk ke fraksi harga yang atraktif,” tutur Christian, Rabu (20/4).

Ambil contoh, saham A berharga Rp1.900 sehingga masuk ke fraksi harga Rp5. Bila harga saham itu naik menjadi Rp2.000, dia masuk ke fraksi harga Rp10.

“Jika investor melihatnya demikian, saham itu bakal atraktif, frekuensi pasti naik. Ini menarik bagi trader dan investor ritel,” ucap Christian.

fraksi baru harga saham 2016

big-dancing-banana-smiley-emoticon

 

BEI akan Turunkan Satuan Fraksi Harga
Oleh: Agustina Melani
pasarmodal – Rabu, 8 Agustus 2012 | 15:44 WIB

INILAH.COM, Jakarta – Bursa Efek Indonesia (BEI) merencanakan program untuk melikuidkan perdagangan saham di bursa saham Indonesia dengan menurunkan satuan fraksi harga.

“Saat ini ada lima golongan fraksi harga yang digunakan oleh BEI dalam menentukan harga saham emiten yang tercatat. Nanti jumlahnya akan diturunkan sehingga secara teori likuiditas dapat meningkat,” ujar Direktur Perdagangan dan Pengaturan Keanggotaan BEI, Samsul Hidayat, Selasa (7/8/2012).

Fraksi harga adalah satuan perubahan harga yang digunakan dalam melakukan penawaran jual atau penawaran beli. Pada aturan BEI Nomor II-A tentang perdagangan efek yang saat ini

kelima golongan fraksi harga

yang ditetapkan BEI adalah
Rp1 untuk harga saham yang sebelumnya di bawah Rp200
Rp1 untuk harga saham yang sebelumnya di bawah Rp200,
fraksi Rp5 untuk harga saham yang sebelumnya di antara Rp200-Rp500

fraksi Rp5 untuk harga saham yang sebelumnya di antara Rp200-Rp500,
fraksi Rp10 untuk harga saham yang sebelumnya di antara Rp500-Rp2.000, fraksi Rp10 untuk harga saham yang sebelumnya di antara Rp500-Rp2.000,
fraksi Rp25 untuk harga saham yang sebelumnya di antara Rp2.000-Rp5.000
fraksi Rp25 untuk harga saham yang sebelumnya di antara Rp2.000-Rp5.000, dan
fraksi Rp50 untuk harga saham yang sebelumnya lebih dari Rp5.000
fraksi Rp50 untuk harga saham yang sebelumnya lebih dari Rp5.000.

“Kami akan mengubah golongannya menjadi tiga fraksi untuk detailnya belum dapat dikatakan karena masih dikaji. Kami juga akan secepatnya mengajukan izin kepada Bapepam-LK untuk difinalisasi bersamaan dengan permintaan perizinan pre-closing dan post trading,” kata Samsul. [hid]

rose KECIL

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s