1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

lage, OKBB, orang kaya bisa bangkrut … : 191009_240716 24 Juli 2016

Filed under: Investasi dan Risiko — bumi2009fans @ 12:55 am

ezgif.com-resize

 

spiral

Bandung detik-Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka acara Jambore Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi (Hipmi PT) se-ASEAN di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Jokowi mengingatkan bila ingin menjadi sosok pengusaha perlu ketekunan dan tidak pantang menyerah.

Kegiatan jambore terakbar bagi mahasiswa yang sudah menjadi pengusaha atau baru merencanakan terjun sebagai wirausaha itu dihelat di kampus Telkom University (Tel-U), Jalan Telekomunikasi (Terusan Buahbatu), Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Senin (23/5/2016). Even berlangsung selama empat hari atau hingga 26 Mei ini diikuti sekitar empat ribu mahasiswa dari berbagai negara di ASEAN dan tanah air.

Jokowi hadir didampingi istrinya, Iriana Joko Widodo. Selain itu turut datang ke lokasi acara antara lain Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, sejumlah menteri Kabinet Kerja, dan Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Hipmi, Bahlil Lhadalia.

Jokowi berkesempatan memberikan arahan kepada para peserta yang memenuhi ruangan Gedung Keong berlokasi di kampus Tel-U. “Kalau mau jadi pengusaha, jangan mikir-mikir dulu,” kata Jokowi yang memakai kemeja batik cokelat lengan panjang.

Presiden ketujuh Indonesia ini mewanti-wanti agar pengusaha dan calon pengusaha agar tetap serius dalam melakoni suatu kegiatan usaha atau berbisnis.

“Tekuni dan jalani. Kalau ada persoalan, ya selesaikan. Kalau tak mampu selesaikan, ya jatuh,” tuturnya.

“Kalau jatuh, ya bangkit lagi. Bangkit lagi,” kata Jokowi yang disambut tepuk tangan hadirin.

Jokowi memberikan pesan penting kepada siapa saja yang ingin menggeluti jadi wirasusahawan dalam berbagai bidang. “Kalau usaha gagal, jangan buru-buru pindah. Harus tekuni. Artinya, harus memulai terus,” katanya.

Bukan tanpa alasan Jokowi berbicara hal tersebut. Sebab selama ini Jokowi dikenal sebagai pengusaha bidang mebel yang mengalami langsung lika liku roda bisnis.

“Saya saja rem blong tiga kali, tapi bisa bangkit lagi dan bangkit lagi,” ucap Jokowi yang lagi-lagi disambut riuh hadirin.

(hns/hns)

big-dancing-banana-smiley-emoticon

Merdeka.com – Berpenghasilan selangit serta jabatan yang mentereng tidak menjamin Anda kaya raya dan bergelimang harta. Alih-alih jadi kaya, banyak juga yang akhirnya jatuh miskin.

Untuk menjadi kaya dibutuhkan keahlian dalam mengelola keuangan sendiri. Meski bergaji besar, tapi tidak bisa mengelola uang maka dapat dipastikan Anda tidak akan menjadi kaya sampai kapanpun.

Seperti dilansir lifehack.org, berikut 7 alasan kenapa Anda masih akan tetap miskin meski mempunyai gaji tinggi.

1.
Besar pasak daripada tiang

Merdeka.com – Tidak ada salahnya jika Anda ingin meningkatkan standar hidup, tetapi jika berlebihan maka akan menggerus uang Anda. Terlebih, jika Anda harus menghadapi situasi darurat, Anda tidak memiliki tabungan cukup untuk memenuhi kebutuhan.

Jika pengeluaran Anda terus meningkat seiring naiknya pendapatan, maka akan sulit untuk mengumpulkan uang dan menjadi orang kaya.

Cobalah untuk menjaga pengeluaran pada tingkat stabil sejalan dengan pemasukan, jalani rute ini maka Anda akan sukses mengelola keuangan.

2.
Mengabaikan kehidupan masa depan

Merdeka.com – Umumnya orang orang yang memiliki gaji selangit suka melupakan kebutuhan di masa depan, sehingga cenderung menghabiskan uangnya di masa sekarang. Padahal, kebutuhan masa depan sangat penting dipenuhi mengingat untuk mengantisipasi masalah yang akan datang.

Untuk itu perlu mengambil sikap secara cerdas mengelola keuangan. Lakukanlah mulai saat ini dengan menabung untuk masa depan.

3.
Berpikir masih dini untuk menabung

Merdeka.com – Ketika masih muda, sangat mudah untuk mendapatkan kesenangan dari penghasilan Anda. Mungkin, Anda sering berpikir bahwa sekarang terlalu dini untuk mulai menabung atau berinvestasi. Padahal itu salah, dan tidak pernah terlalu dini untuk menyimpan sebagian dari penghasilan, tidak peduli seberapa rendah atau tinggi penghasilan Anda.

Mulailah menabung hari ini. Bahkan, perencana keuangan memberikan saran Anda harus menyimpan sebelum menghabiskan. Namun, tetap sisihkan sebagian penghasilan dan kemudian menghabiskan sisanya.

4.
Melupakan catatan keuangan

Merdeka.com – Sering kali kita semua berpikir lari ke mana uang kita, hal itu diakibatkan tidak benar mencatat setiap pengeluaran. Kita mungkin menyadari pengeluaran utama tetapi sering kali juga melupakan hal hal kecil yang menggerus keuangan kita lebih besar.

Mulailah dengan menulis catatan untuk semua pendapatan dan pengeluaran Anda, apakah besar atau kecil. Dengan cara ini, Anda akan mengendalikan keuangan.

5.
Bedakan kebutuhan dan keinganan

Merdeka.com – Untuk menghemat uang dan membangun kekayaan, Anda harus selalu mengingat dan bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Dua hal itu yang paling penting, mana yang menjadi prioritas target keuangan Anda.

Jika menjadi kaya adalah prioritas utama bagi Anda, maka Anda perlu mengorbankan beberapa kesenangan Anda saat ini.

Buatlah catatan soal tujuan hidup yang jelas, dan selalu menjaga keuangan di jalur Anda.

6.
Mengabaikan utang

Merdeka.com – Mayoritas orang di dunia pasti merasa sakit jika harus membayar utang. Sayangnya, mereka tidak tahu bagaimana untuk keluar dari lingkaran setan ini, bahkan sampai meninggalkan tabungan.

Pertama, buatlah pembayaran utang berdasarkan item. Lalu, mulailah tekun mengutamakan pembayaran utang sebelum hal buruk terjadi pada kehidupan Anda selanjutnya.

7.
Kebiasaan membeli barang keluaran terbaru

Merdeka.com – Barang keluaran terbaru bukanlah bentuk investasi. Membeli gadget, barang fesyen dan kendaraan keluaran terbaru akan berdampak pada berkurangnya tabungan. Meski membelinya dengan cara mencicil dengan kartu kredit.

Alasannya jelas, kendaraan dan gadget adalah jenis barang minus investasi. Belilah gadget sesuai dengan kebutuhan, dengan mengambil langkah ini maka akan membantu dan memulai perjalanan Anda menjadi kaya. Seperti kata Willian Shatner Jika menyimpan uang adalah salah, saya tidak ingin menjadi benar.

rose KECIL

TRIBUNNEWS.COM, NEW YORK – Guncangan di pasar keuangan turut menggoyang pundi-pundi harta miliarder. Hitungan Bloomberg, kekayaan 400 miliarder paling tajir di dunia lenyap sebesar US$ 124 miliar atau Rp 1.736 triliun (US$ = Rp 14.000) hanya dalam 2sehari.

Harta para miliarder menguap lantaran bursa saham global kompak terjungkal pada Senin (24/8). Aksi panik jual investor yang berujung pada Black Monday langsung menguras harta miliarder tersohor.

Mengacu data Bloomberg Billionaires Index, orang terkaya sejagat raya, Bill Gates, kehilangan harta US$ 3,2 miliar dalam sehari. Harta pendiri Amazon Jeff Bezos, tergerus US$ 2,6 miliar dan kekayaan Miliarder telekomunikasi asal Meksiko Carlos Slim susut US$ 1,6 miliar.

Yang paling telah menanggung kerugian di Black Monday adalahWang Jianlin. Miliarder paling tajir di Asia ini terpaksa gigit jari lantaran hartanya terkuras hingga US$ 3,6 miliar karena bursa saham China anjlok terdalam sejak tahun 2007 silam.

Peristiwa Black Monday menambah mimpi buruk para miliarder yang hartanya telah lenyap hingga sebesar US$ 182 miliar di sepanjang pekan lalu. Amblesnya harga minyak mentah ke bawah level US$ 40 per barel turut membakar aset miliarder di sektor energi hingga sebesar US$ 15,2 miliar hanya di pekan lalu.

Di tengah rontoknya bursa global, sebagian kalangan masih menaruh minat beli di bursa saham Amerika Serikat (AS). Sederet analis tersohor di Wall Street semisal RBC Capital, Morgan Stanley, FundStrat dan Charles Schwab meramal, bursa saham AS masih bakal bullish dalam jangka panjang.

“Bursa AS ada di tahun keenam dari periode bullish 15-20 tahun mendatang,” ujar analis BMO Capital Brian Belski, seperti dikutip Business Insider Selasa (25/8). Menurut Belski, koreksi di bursa AS masih wajar, sehat dan bagian dari tren naik jangka panjang.

Dana mengalir ke India?

Hurun, konsultan kaum tajir di Shanghai, China melaporkan, dua pertiga dari miliarder China secara perlahan menarik duitnya dari bursa saham secara bertahap. Belakangan, miliarder China menaruh duitnya dengan membeli aset properti di luar negeri, semisal di Amerika Serikat.

Tapi, belum jelas kemana aliran dana keluar (outflow) dari bursa saham global dalam jangka pendek,. Yang pasti, bursa saham India Sensex tetap kokoh berdiri di tengah aksi jual. Catatan India Times, ada inflow sebesar 53,19 miliar rupee atau US$ 816 juta ke pasar modal India di sepanjang bulan Juli lalu.(Dessy Rosalina)

doraemon

Jakarta detik -Orang terkaya nomor 5 di China versi Forbes, Li Hejun, sedang mengalami hari yang buruk. Bayangkan saja, hartanya US$ 15 miliar atau Rp 195 triliun (Rp 13.000/US$) hilang hanya dalam satu jam.

Kok bisa? Saham produsen panel surya miliknya, Hanergy, anjlok 47% pada perdagangan Rabu di Bursa Saham Hong Kong hanya dalam waktu satu jam. Kapitalisasi perusahaan juga anjlok US$ 18,6 miliar (Rp 241,8 triliun).

Perdagangan saham Hanergy pun sempat dihentikan dengan alasan, “Menunggu penjelasan dari perusahaan,” tulis otoritas Bursa Hong Kong seperti dikutip CNN, Jumat (21/5/2015).

Li, yang punya 80% saham Hanergy, tidak datang ke rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) dan malah menghadiri pameran energi terbarukan di Beijing yang diselenggarakan oleh Hanergy.

Hal ini juga yang menjadi pemicu anjloknya harga saham Hanergy. Keesokan harinya, tetap belum ada penjelasan dari perusahaan asal Negeri Tirai Bambu tersebut.

Jatuhnya saham yang tiba-tiba ini membuat banyak orang bertanya-tanya, terutama para analis. “Jatuhnya saham Hanergy ini sangat kacau,” kata analis dari Bespoke Investment.

Pada perdagangan Kamis, ada lagi saham yang juga jatuh secara tiba-tiba di Bursa Hong Kong, yaitu Goldin Financial dan Goldin Properties milik taipan Pan Sutong. Saham keduanya anjlok lebih dari40%.

Kedua perusahaan sudah memberikan pernyataan resmi dan mengaku tidak tahu-menahu penyebab anjloknya saham masing-masing. Tapi memang tiga saham ini sudah naik tinggi dalam satu tahun terakhir.

Sebelum anjlok, saham Hanergy sudah meroket 625% hanya dalam setahun. Harganya makin meninggalkan harga saham First Solar, produsen panel surya asal AS.

Pada posisi tertingginya April lalu, kapitalisasi pasar Hanergy mencapai US$ 45 miliar (Rp 585 triliun). Melonjaknya harta Li ini membuat Jack Ma si pendiri Alibaba lengser dari predikat orang terkaya China.

Bisnis Hanergy fokus ke produksi panel surya berteknologi tinggi yang tipis dan felksibel. Perusahaan punya 15.000 pegawai dan cabang di beberapa negara.

animated-rocket-and-space-shuttle-image-0032

Liputan6.com, Jakarta – Hati-hati, banyak orang salah mengatur uang hingga akhirnya merugikan diri sendiri. Lebih banyak pengeluaran daripada pemasukan dan akhirnya harus berutang untuk memenuhi seluruh kebutuhan.

Perencana Keuangan One Shildt M. Andoko mengatakan, terdapat dua kesalahan orang Indonesia saat mengatur uang.

“Pertama, masyarakat Inodnesia jarang mendokumentasikan pengeluarannya. Banyak orang tak pernah mengumpulkan struk belanja pribadi maupun keluarga,” tuturnya saat berkunjung ke kantor Liputan6.com, Rabu (4/3/2015).

Menurutnya, dokumentasi pengeluaran sangat penting, agar Anda dapat mengenal pola belanja pribadi. Artinya, Anda dapat mengetahui, pengeluaran mana yang paling menguras uang Anda setiap bulan dan memperbaikinya.

“Setelah Anda tahu polanya, misalnya uang Anda terlalu banyak habis untuk beli makanan atau hiburan seperti nonton bioskop. Anda bisa mengurangi pengeluaran tersebut dan mengalihkannya pada hal yang lebih produktif,” terang Andoko.

Saat ini, masyarakat Indonesia memang cenderung menghabiskan uangnya untuk pengeluaran konsumtif dibandingkan produktif.

Berikutnya, Andoko menilai ada kesalahan dalam cara menabung orang Indonesia. Sebagian masyarakat, diketahuinya, menabung jika ada sisa gaji saja. Padahal, minimal 10 persen dari gaji harus masuk ke dalam tabungan setiap bulan.

“Sekarang ada auto debit, jadi bisa datang ke bank. Misalnya gaji Rp 5 juta, 5-10 persen dimasukkan ke auto debit, jadi tak tergoda untuk memakai uang tersebut,” tandasnya. (Sis/Ndw)

butterfly

TEMPO.CO, Jakarta -Banyak tokoh yang dulu dikenal kaya raya malah berakhir bangkrut, bahkan setelah dia dinyatakan sebagai orang kaya versi Forbes sekalipun. Kekayaan yang dimiliki justru berakhir menjadi utang. Seperti yang dialami oleh beberapa tokoh kaya berikut seperti yang dilansir oleh MyFirstClassLife.

1. Mc Hammer
Penyanyi asal Amerika Mc Hammer jatuh bangkrut setelah sebelumnya berhasil meraup ratusan juta dollar dari kariernya sebagai rapper. Hammer berhasil mengantongi uang US$ 33 juta atau Rp 402,3 miliar dari album keduanya, Please Hammer Don’t Hurt ‘Em, yang meledak pada 1990.

Tapi kekayaannya ini tak bertahan lama. Hammer dengan cepat menghabiskan uangnya, Salah satunya untuk membeli dua helikopter. Kini Hammer malah dililit utang. Dia dilaporkan memiliki utang US$ 800 ribu pada 2011.

2.John Belfort
Kehidupan John Belfort digambarkan dalam film “Wolf of Wall Street” yang diperankan oleh Leonardo DiCaprio. Dalam setahun, Belfort menghasilkan uang lebih banyak dibandingkan yang pernah dilihat oleh 99 persen orang lain dalam hidup mereka. Pada usia awal 20 tahunan, dia memiliki penghasilan lebih dari US$ 250 juta.

Berbeda dengan miliader Allen Stanford yang dihukum 110 tahun panjara, Belfort hanya dihukum 2 tahun bui karena menipu investornya. Setiap dollar yang dimilikinya, serta properti yang diatasnamakannya disita.

3. Allen Stanford
Setelah merajai bisnis di Kepulauan Karibia, dan masuk ke dalam daftar miliader terkaya versi Forbes, Allen Stanford harus menghabiskan hidupnya di penjara. Pengadilan menghukumnya selama 110 tahun bui karena dinilai menipu investornya lebih dari US$ 7 miliar! Dari hasil investigasi, duit sebanyak itu habis digunakannya untuk membiayai gaya hidup mewahnya seperti membeli rumah-rumah mewah, penthouses, dan jet pribadi. Tak hanya dipenjara, Stanford juga dihukum membayar denda US$ 13 miliar.

4. Sean Quinn
Dulu, Sean Quinn merupakan orang terkaya di Irlandia. Namanya tercatat sebagai orang terkaya ke-164 versi Forbes pada 2008. Kekayaannya mencapai US$ 6 miliar atau sekitar Rp 63 triliun. Dia sukses membangun Quinn Group yang memiliki usaha di bidang pertambangan, manufaktur, real estate, dan asuransi. Dia juga menginvestasikan 25 persen kekayaan keluarganya pada bank Irlandia. Namun, saat krisis global menghantam pada 2008, Quinn langsung bangkrut dalam semalam. Dia berutang sampai Rp 33,5 triliun.

5. George Foreman
Sebelum memiliki bisnis yang membuatnya mendapatkan kekayaan hingga US$ 250 juta, petinju legendaris George Foreman nyaris bangkrut. Mantan lawan legenda tinju Mohammad Ali ini memboroskan seluruh kekayaannya saat usianya 45 tahun. Untungnya nasibnya berubah karena pegulat Hulk Hogan.

Hogan yang akan ditawari menjadi bintang iklan pemanggang tak mengangkat telepon agennya. Akhirnya sang agen memutuskan memberikan iklan itu kepada Foreman. Alat pemanggang itu sendiri laris manis di Amerika Utara.

NUR ALFIYAH | MYFIRSTCLASSLIFE

doraemon

Terancam Bangkrut, Nicolas Cage Gugat Manajer Bisnisnya
Minggu, 18 Oktober 2009 16:22 WIB
Nicolas Cage dan Alice Kim, istrinya–REUTERS/Mike Cassese
LOS ANGELES–MI: Aktor Nicolas Cage mengajukan gugatan sebesar US$20 juta terhadap mantan manajer bisnisnya, Jumat (16/10), dengan tuduhan kelalaian dan penipuan, sehingga membuat aktor film National Treasure menuju kebangkrutan.

Cage mengklaim bahwa baru-baru ini telah memecat manajer bisnisnya karena tidak mampu membayar pajak ketika telah jatuh tempo. Soalnya, dananya tersebut telah ditempatkan sang manajer ke investasi real estat yang berisiko, sehingga membuat sang aktor menderita kerugian.

Dalam gugatan yang diajukan di Pengadilan Tinggi Los Angeles dan yang diperoleh oleh situs web selebriti TMZ.com, Cage mengatakan, ia kini telah dipaksa untuk menjual aset utama dan investasi atas kerugian yang signifikan karena tindakan penasihat usaha dan akuntannya selama tujuh tahun terakhir.

Lantas, gugatan tersebut juga bilang, penasihat usaha itupun telah gagal untuk mengingatkan Cage bahwa uangnya hampir habis. Bahkan, tergugat membuat aktor tersebut leluasa memperbanyak kredit dengan bank. Mantan manajer bisnis, Samuel Levin, tidak dapat dihubungi untuk memberikan komentarnya, Jumat.

Cage, 45, adalah salah satu Hollywood aktor paling produktif dengan membintangi lebih dari 50 film. Perannya yang memenangkan Oscar adalah sebagai pecandu alkohol dalam Leaving Las Vegas dan aksinya di Face / Off dan Gone in Sixty Seconds.

Menurut Forbes.com, Cage menerima sekitar US$40 juta tahun lalu. Ia memiliki enam film bioskop yang diharapkan tayang dalam dua tahun. (AP/OL-04)

Iklan
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s