1NVEST0R MAND1R1 maen SAHAM bener

belajar MANDIRI, akan JAUH LEBE SUKSES (SEJAK 210809)

TREN TURUN … 150110_120815_ maen saham @warteg JO 3 Mei 2017

Filed under: Investasi Umum,Teknik Maen Saham — bumi2009fans @ 1:13 am

pasar PANIK 070815 ketidakpastian THE FED FUND RATE

strategi sederhana gw, beneran sederhana, MENJAGA SAHAM saat KRISIS

 

strategi sederhana gw, beneran sederhana, MENJAGA SAHAM saat KRISIS

catatan inves_trad ala warteg saham jo

ILUSTRASI FLDTT saham myor

catatan (lanjutan) inves_trad ala warteg saham jo

 

Inilah Rekomendasi Konyol di Bursa

Oleh: Wahid Ma’ruf
pasarmodal – Selasa, 4 Februari 2014 | 14:51 WIB

INILAH.COM, New York – Dalam dunia investasi di pasar keuangan dan pasar modal, dana kita tidak selalu mendatangkan untung. Tetapi bisa rugi dan stagnan.

Jadi investor harus mencermati rekomendasi sebelum memutuskan berinvestasi. Apalagi ada beberapa rekomendasi yang konyol dan menyesatkan investor. Apa sajakah itu?

Michael Sincere, analis investasi jangka panjang memiliki beberapa rekomendasi yang konyol seperti mengutip marketwatch.com. Berikut ulasannya:

-Indeks Selalu Naik
Padahal tidak selalu terjadi indeks mengalami kenaikan. Sebab saat suatu saham di kawasan tertentu naik maka ada yang mengalami penurunan.

Sebab pelemahan suatu saham merupakan siklus pasar. Jadi pelemahan tidak harus ditakuti atau diabaikan. Apabila saham atau indeks selalu naik maka akan bahaya dan tidak realistis.

-Investor Ritel Picu Indeks Jatuh
Saat indeks S&P jatuh 2,2% atau indeks serta saham turun, analis selalu ingin mencari kesalahan. Investor kecil atau investor ritel disalahkan karena tidak dapat menggerakkan indeks atau saham. Padahal investor kecil biasanya paling terakhir keluar dari indeks.

Saat tren indeks mengalami pelemahan maka investor besar atau institusi bergegas keluar.

-Saham Anda akan Balik Lagi
Jika saham Anda turun maka Anda harus membeli lebih banyak lagi. Jika saham Anda sedang naik maka harus membeli dalam jumlah banyak. Sebab akan kehilangan momentum bagus.Jika Anda berinvestasi secara ritel, maka harus abaikan saran konyol ini. Strategi yang baik adalah menjual saham setelah mereka menurun 7-8 persen.

-Saham Anda akan Balik Lagi
Jika saham Anda turun maka Anda harus membeli lebih banyak lagi. Jika saham Anda sedang naik maka harus membeli dalam jumlah banyak. Sebab akan kehilangan momentum bagus.

Jika Anda berinvestasi secara ritel, maka harus abaikan saran konyol ini. Strategi yang baik adalah menjual saham setelah mereka menurun 7-8 persen.

…. gw jelas pake prinsip INVESTASI itu JANGKA PANJANG, maka wajib berhati-hati, wajib PELAJARI emiten / saham dalam jangka waktu yang bervariasi 1 bulan s/d 4 taon (itu yang gw lakukan), baru lah gw melakukan FLDTT dalam berinvestasi jangka panjang … menurut gw INI CARA YANG TIDAK KONYOL SAMA SEKALE, karena uda terbukti 🙂

-Beli Saat Dip (saat anjlok)
Membeli pada saat dip dapat dilakukan saat saham atau indeks menguat. Tetapi jika membeli dip selama melemah atau bearish maka Ada akan dibantai. Lebih buruk lagi beberapa orang membeli pada dip semenara mereka berada di posisi yang melemah.

Tetapi yang benar, jangan pernah membeli saham tambahan saat saham turun terutama jika masih akan turun. Penurunan saham karena suatu alasan.

Sayangnya, membeli pada dip sering terulang. Baru-baru ini beberapa komentator menyarankan investor ritel unutk membeli di bursa pasar negara berkembang. Ini Konyol. Sebab bursa di pasar negara berkembang bisa tidak pulih lagi dalam waktu dekat.

Jadi saran membeli saham saat melemah adalah rekomendasi yang berbahaya, terutama di saham dan bursa yang rawan. Karena sebaiknya membeli saham saat sudah mengalami penurunan dan mulai memantul ke atas.

-Beli Saham Bisa Jadi Kaya Mendadak
Tidak ada buku yang lebih konyol dari buku yang menuliskan menjadi kaya di pasar saham. Mungkin bisa mengalami keuntungan, membangun kekayaan. Itu adalah trik supaya bukunya laris terjual.

Investasi saham tidak akan kaya terutama jika memulai dalam jumlah dana yang sedikit. Saat bursa saham menguat maka buku tersebut akan laris.

Beli di Harga Rendah dan Jual di Harga Tinggi
Pada awal ada pasar saham sudah ada saran membeli di harga rendah dan menjual di harga tinggi. Saran klise ini telah menyebabkan investor kehilangan dananya di pasar. Istilah harga murah dan harga tinggi sulit unutk didefinisikan. Sebab tidak ada yang tahu harga rendah dan harga tinggi sampai suatu saham menyentuh level tertentu.

Padahal sebaiknya, belilah saham yang berada di tren kenaikan. Juallah saham saat pasar atau indeks dalam bahaya. Investor sukses, Bernard Baruch menegaskan jangan mencoba membeli di harga rendah dan menjual di harga atas. Ini tidak bisa dilakukan kecuali dengan pembohong.

Dalam buku Memahami Saham atau Understanding Stocks karya Michael Sincere dalam memilih saham memerlukan indikator dan analisa untuk menentukan saham dalam tren melemah atau tren turun.
… well, gw MASEH BISA TER$ENYUM seh pake CARA FLDTT neh :
tren FLDTT warteg pascaeuforia 2013_291113

… bukti TREN HARGA SAHAM @warteg gw yang AMBRUK:
tren FLDTT warteg pascaeuforia 2013_291113 tabel

LES MAEN SAHAM SEDERHANA BERLABA TRANSAKSI HARIAN WARUNG TEGAR SAHAM gw

… neh gw LANGSUNG KASI STRATEGI (cara) gw MEMAENKAN SAHAM ENRG DEMI LABA:  http://sahambumicrash2009.blogdetik.com/2010/09/05/laba-enrg-bisaaaaaaaaaaaaa/ … well, semoga bermanfaat 🙂
http://www.pojoksaham.com/analisa-teknikal.html : ini dari situs tetangga BARU yang MENGAKU PALING DEPAN SOAL ANALISIS SAHAM … well, TERNYATA STRATEGI TRADING SANGAT MUDAH DAN “PEANUTS”, yaitu KABUR JAUH2 SAAT TREN SAHAM BEARISH/DOWNTREND/TURUN (ini tulisan di situsnya:  Kalau kami, sudah kabur begitu melihat chart seperti ini.  Saham downtrend seperti ini tidak layak berada di portofolio Anda.)

… well, gw mah BERBEDA SEKALE … tapi semua UP2U lah … gw punya cara tersendiri yaitu FOKUS LABA DALAM TREN TURUN, liat di link ini :  https://transaksisaham.wordpress.com/2010/01/01/fokus-laba-dalam-tren-turun-4-010110/

… CARA PENGECUT DARI SITUS TETANGGA ADALAH RASIONAL DAN BAIK … tapi CUT LOSS DOANK CARA KELUARNYA, itu berarti RUGI TANPA BISA MERAIH LABA SAMA SEKALI DI SAHAM YANG PALING DIKENAL INVESTOR tersebut …
… sementara CARA FOKUS LABA DALAM TREN TURUN TAMPAK SEPINTAS TIDAK RASIONAL DAN KURANG CANTIK … PADAHAL MENURUT ITUNG-ITUNGAN GW, CARA INI RASIONAL KARENA MUNGKIN TERJADI LABA DALAM PROSES KESELURUHANNYA … CARA FLDTT PUNYA BEBERAPA CIRI (mungkin juga sebagai KEKUATAN) yaitu TETAP BERSAMA SAHAM YANG PALING DIKENAL (BISNIS ADALAH JANGKA PANJANG sebagai CARA CERDAS dalam BERINVESTASI, liat : https://transaksisaham.wordpress.com/2009/12/19/investor-inves-di-bei-jauh-lebe-banyak-jumlahnya-191209/ … ALASAN GW JUGA DIPERKUAT oleh FAKTA BAHWA TIDAK ADA TREN YANG ABADI … apalagi di SAHAM DAN BISNIS YANG PUNYA FUNDAMENTAL JANGKA PANJANG MASEH SEHAT … JADI TREN TURUN SELALU DISERTAI REBOUND/MANTUL NAEK JUGA, itulah SAAT UNTUK TRADING JUAL DAN RAIH LABA …  tapi UP2U LAH, KARENA CARA FLDTT ADALAH HARUS PUNYA PEMAHAMAN YANG LUAS, BAIK ITU FUNDAMENTAL GLOBAL, MAKRO, DAN BISNIS yang bersangkutan, ANALISIS TEKNIKAL, dan STRATEGI TRADING jangka PENDEK, MENENGAH, DAN PANJANG …

… fakta tambahan adalah GW PUNYA STRATEGI CONTRARIAN SAAT INVES REKSA DANA, semua jenis produk reksa dana TERUTAMA SAHAM, boleh liat2 di link ini :  http://ekonomitakserius.wordpress.com/category/contrarian-strategy/ dan TERUTAMA BACA POSTING INI:  http://ekonomitakserius.wordpress.com/category/cari-untung-sesaat/ bagian posting dengan judul CUS (cari untung sesaat ala reksa dana gw)

… fakta laen, gw pada 2009 maen saham bumi JUSTRU LABA SAAT TREN KOREKSI  DI SAHAM BUMI :  http://sahambumi.wordpress.com/2009/07/03/bearish-di-mana-mana-gw-nekat-dah/ yaitu jual di 1790 dan 1780 dengan harga jual rata2: 1785;  sementara beli di 1770 dan 1790, dengan harga beli rata2: 1780, berarti gw untung=1785-1780 … lalu baca posting ini : http://sahambumi.wordpress.com/2009/05/15/contrarian-works-beautifully-nice-job-gw-he3/

BUKTI FLDTT @ warteg saham OT B: keberhasilan strategi penurunan rerata harga BELI saham WIKA n KIJA dengan FLDTT

Iklan
 

7 Responses to “TREN TURUN … 150110_120815_ maen saham @warteg JO”

  1. […] … hepi malah, karena laba TETAP TERJADI … strategi gw menghadapi tren turun sudah terpatri pada posting gw ini : FOKUS LABA DALAM TREN TURUN … maen saham cuma pada tren NAEK adalah KUNO, karena anak SD pasti bisa maennya … maen saham WAJIB PUNYA ALAT LAEN, supaya TETAP BERLABA, yaitu FLDTT: PENGECUT BUKAN CARA GW […]

  2. […] LANGKAH PERTAMA calon investor saham Posted on Februari 3, 2011 by yangvirtualyangnyata … posting ini PANJANG BANGET DAH dan SULIT DICERNA seh … TAPI KALO BENERAN MO BELAJAR SERIUS MAEN SAHAM BENERAN YANG BERLABA TERUS MENERUS DAN BERKESINAMBUNGAN, mau tidak mau MESTI DIBACA … tergantung kecepatan membaca dan mengolah isi bacaan ini, biasanya 15 menit saja : (m0ngg0) … jika anda bener2 seorang investor pemula di portofolio saham, maka gw coba memberikan arahan luwes supaya anda bisa menjadi investor yang SEHAT tapi BERLABA BESAR … sebenarnya semuanya sudah ada di blog ini … tapi memang tetap SULIT DICERNA OLEH CALON INVESTOR … well, MEMANG RIMBA INVESTASI SAHAM ini sebuah RIMBA KEHIDUPAN YANG PENUH DINAMIKA … gw baru aja mendapatkan info bahwa seorang teman sudah menghentikan aktivitas maen saham karena kesulitan membagi waktu dan mengelola maen sahamnya … well, KEJADIAN INI gw sayangkan, TAPI JUGA SEKALIGUS MENYEDIHKAN, walau pun teman ini SUDAH SADAR SEJAK AWAL RISIKO YANG DIHADAPINYA, SEHINGGA SUDAH MELAKUKAN LANGKAH2 BERJAGA-JAGA, yaitu MODAL CEKAK, PILIH SAHAM BLUE-CHIPS, dan BERUSAHA BELAJAR dari berbagai sumber … … ada satu hal lagi yang sulit dijelaskan pada saat maen saham dan berinvestasi portofolio yaitu KEBERUNTUNGAN … sejago apa pun KEBERUNTUNGAN mau dijelaskan, pasti tetap ada FAKTOR X yang tidak bisa dijelaskan … namun keberuntungan itu HANYA SALAH SATU FAKTOR KEBERHASILAN maen saham, sama seperti keberhasilan dalam bidang kehidupan yang laen …  … LANGKAH PERTAMA: IKUT-IKUTAN SAMA DENGAN TANGGUNG RISIKO SENDIRI … itu yang terjadi pada investor Century  dan Antaboga serta Optima … ikut-ikutan TANPA SERIUS MENELITI ILMU INVESTASI PORTOFOLIO DAN RISIKO INVESTASI … jadi JANGAN IKUT-IKUTAN … well baca tulisan ini :   http://yangvirtualyangnyata.wordpress.com/2010/06/02/investasi-saham-sebuah-ilusi-kesuksesan-materi/ yang berdasarkan tulisan dalam bahasa Inggris:   http://ekonomitakserius.wordpress.com/2010/06/02/geregetan-bukan-hanya-investor-amrik-indon-juga-020610/ … LANGKAH PERTAMA: JANGAN SERAKAH … kata serakah ini mesti diingat selalu … keserakahan yang BERLEBIHAN membawa KEBANGKRUTAN TOTAL … bila kebangkrutan total terjadi dalam maen saham akibat keserakahan, maka TIDAK ADA ORANG LAIN YANG BISA DIPERSALAHKAN … maen saham beneran adalah CARA UNTUK MERAIH LABA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN HIDUP SEHARI-HARI … berarti HARUS BERLANGSUNG TERUS MENERUS … itu artinya buat lah HASIL HARIAN YANG CUKUP UNTUK KEBUTUHAN … maen saham CUMA SEKALI SABET LANGSUNG RAKSASI, itu mah JANGAN BACA DI BLOG ini … gw ini uda lebih dari 12 bulan BERTAHAN DI MAEN SAHAM BENERAN … gw uda dapat hasil lumayan walau pun belum mencapai target, tapi gw tetap bertahan dari hari ke hari … itu sebabnya gw bikin formulir trading harian :  https://transaksisaham.wordpress.com/2009/12/17/akhirnya-formulir-itu-datang-juga-171209/ … itu bwat mencapai target tahunan lewat hasil target harian dan bulanan begitu lah … silakan juga baca PENGALAMAN PETER SONDAKH sang PEMAEN SAHAM INDON KELAS GLOBAL :    https://transaksisaham.wordpress.com/2010/04/08/hikmah-dari-investor-dewasa-jual-saat-euforia-080410/ … LANGKAH PERTAMA: Be Optimistic … tanpa ekspektasi LABA BESAR maka maen saham sama sekali tidak berguna … ekspektasi akan mendapatkan laba adalah AWAL BAGUS bwat seorang investor, tapi LABANYA HARUS BESAR, yaitu JAUH DI ATAS IMBAL HASIL DEPOSITO RUPIAH DI BANK … karena TUJUAN AKHIR seorang investor saham adalah MENJADI LEBIH BERDAYAGUNA DALAM HAL KEBERDAYAAN ASET … kalo investor menjadi LEBIH BERDAYAGUNA karena ASETNYA SEMAKIN BERDAYA TINGGI, ITU LAH TUJUAN UTAMA DAN AKHIR investasi saham … coba perhatikan bahwa dari selisih JUAL dan BELI satu saham bisa menghasilkan setidaknya 0,5% pada GAIN 1 POIN, yaitu pada saham trub, misalnya: 117 BELI dan 118 JUAL, berarti GAIN 0,8% … ITU JAUH LEBE GEDE DARI HASIL BUNGA DEPOSITO 1 BULAN khan … jadi ekspektasi hanya laba 1 poin saja sudah memberikan LABA LUMAYAN dah dari sudut persentase … NO WONDER YOU MUST BE OPTIMISTIC … for more in stocks trading … coba baca posting ini : https://transaksisaham.wordpress.com/2009/11/04/245-x-1-kalo-trading-cukup-ga-041109/ … bahkan saat PASAR TURUN (BEARISH) sekali pun gw TETAP FOKUS PADA LABA karena ada strateginya yaitu contrarian strategy:  http://ekonomitakserius.wordpress.com/category/contrarian-strategy/dan gw sudah menjalankan BERATUS-RATUS KALE di investasi trading saham yaitu :   https://transaksisaham.wordpress.com/2010/01/15/tren-turun-jadilah-pengecut-ooooppppsss-150110/ […]

  3. […] … posting terbaru gw soal strategi FOKUS LABA DALAM TREN TURUN dibandingkan dengan STRATEGI KABUR SAAT TREN TURUN : https://transaksisaham.wordpress.com/2010/01/15/tren-turun-jadilah-pengecut-ooooppppsss-150110/ […]

  4. […] turun PASTI TURUN NAEK JUGA – laba bisa diperoleh SAAT AVG LEBE MURAH, dan REBOUND TERJADI (fldtt: KABUUUUUuuuRRrr … saham microsoft bukan gorengan, tapi juga bisa mempunyai pola sesaat yang […]

  5. […] BEARISH, gw mah MESTI BERSIAP-SIAP untuk MERAUP LABA: BUNGA MAJEMUK itu GA BOONGAN cius dan FLDTT: fokus laba dalam tren turun … sederhana khan ya … bole pertimbangkan : POKOK2 UTAMA MAEN SAHAM SEDERHANA BERLABA […]

  6. […] inves + trading cara maen saham @ warteg (EXCEL FILE) […]

  7. […] inves + trading cara maen saham @ warteg (EXCEL FILE) […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s